15 Penampakan Aneh di Planet Mars, Dipercaya Sebagai Bukti Kehidupan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 3 Oktober 2023 | 11:40 WIB
Terra Meridiani  di Planet Mars terlihat dalam gambar NASA/Reuters
Terra Meridiani di Planet Mars terlihat dalam gambar NASA/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manusia telah melihat hal-hal aneh di permukaan Mars selama berabad-abad.

Mungkin karena, selain Bumi, Mars adalah planet terdekat di tata surya dengan planet yang dapat dihuni, atau mungkin karena jaraknya yang cukup dekat untuk dapat dilihat dengan cukup baik.

Apa pun yang terjadi, penduduk bumi berkali-kali tertipu oleh permukaan Mars yang berbatu-batu dan psikologi mereka sendiri.

Dari sosok humanoid yang menyeramkan hingga buku, beruang, dan burung beatles.

Berikut adalah beberapa ilusi paling ikonik yang pernah dilihat manusia di Planet Merah yang membuat prediksi adanya kehidupan di planet Mars

1. 'Buku' Mars

Meskipun benda aneh tersebut terlihat seperti sebuah buku dengan satu halaman yang membeku di tengah pembalikannya, sebenarnya benda tersebut hanyalah sebuah batu dan ukurannya kecil.

Batu buku kecil yang menawan ini hanya berukuran lebar 1 inci (2,5 sentimeter), menurut NASA. Setidaknya itu ukuran perjalanan!

2. Wajah boneka beruang

Dalam gambar yang dibagikan pada bulan Januari 2023 oleh Universitas Arizona (UA), tampak wajah boneka beruang Mars yang sangat besar ​​lengkap dengan dua mata seperti manik-manik, hidung kancing, dan mulut terangkat menyeringai ke arah kamera Mars milik NASA. Pengorbit Pengintaian (MRO).

Menurut UA, formasi cuddly-wuddly tersebut kemungkinan hanya berupa pecahan bukit di tengah kawah purba.

3. 'Bunga' beku

Foto "bunga mineral" bersama fitur diagenetik lainnya di permukaan Mars yang diambil oleh penjelajah Curiosity NASA pada 25 Februari.

Bercabang seperti karang kecil, bunga mineral halus ini adalah tanaman paling hijau yang bisa ditemukan di Planet Merah saat ini. Endapan mineral seperti ini adalah pemandangan umum di Mars, dan merupakan hasil dari pencampuran air purba dengan batuan purba.

Namun, jarang sekali melihat benda yang menyerupai bunga secara sempurna, kata peneliti NASA. Curiosity melihat fitur bunga ini pada Februari 2022.

4. 'manusia' Mars

Mars Exploration Rover Spirit milik NASA menangkap pemandangan ke arah barat ini dari atas dataran rendah tempat Spirit menghabiskan bulan-bulan terakhir tahun 2007.

Pada tahun 2007, penjelajah Mars Spirit menangkap pemandangan yang cukup menarik di rumahnya di Planet Merah: seorang manusia mengenakan jubah dan berlutut dalam doa.

Spirit menangkap pemandangan panorama dataran tinggi yang disebut Home Plate, yang terletak di cekungan bagian dalam pegunungan Columbia Hills di dalam Kawah Gusev.

Tentu saja, "manusia" dalam gambar tersebut hanyalah sebuah batu, yang berubah menjadi bentuk manusia di otak kita karena pareidolia.

5. 'Wajah'

Pesawat ruang angkasa Viking 1 Orbiter milik NASA memotret wilayah ini di garis lintang utara Mars pada tanggal 25 Juli 1976 saat mencari lokasi pendaratan Viking 2 Lander.

Semuanya dimulai pada tahun 1976, ketika NASA merilis gambar gunung menarik di Mars, yang diambil oleh pesawat ruang angkasa Viking 1, lengkap dengan keterangan yang menggambarkan formasi tersebut tampak memiliki mata dan lubang hidung.

Lebih dari 30 tahun kemudian, "Wajah di Mars" masih menginspirasi mitos dan teori konspirasi, dan banyak orang mempercayainya sebagai struktur buatan yang dibangun oleh peradaban Mars kuno.

Dari sudut pandang luas, bayangan di gunung benar-benar membuatnya tampak seperti wajah. Namun, dari sudut lain, seperti yang terlihat dalam foto yang diambil oleh Mars Express Orbiter dan pesawat ruang angkasa lainnya, gunung tersebut jelas terlihat seperti itu, dan sama sekali tidak terlihat seperti wajah.

6. Wajah Ghandi

Ciri permukaan Mars yang menurut seseorang mirip dengan profil Mahatma Gandhi.

Salah satu benjolan di Mars, ditemukan oleh seorang pria Italia bernama Matteo Ianneo, tampak sangat mirip dengan aktivis kemerdekaan India Mahatma Gandhi, yang dibunuh pada tahun 1948.

Citra dengan resolusi yang lebih tinggi menunjukkan bahwa bentuknya bukanlah sebuah gunung atau bukit, namun sebuah lubang, yang memang terlihat seperti kepala manusia jika dilihat dari profilnya, meskipun apa yang terlihat seperti mata dan alis pada gambar Google Mars kurang terlihat pada gambar tersebut. gambar resolusi tinggi.

7. 'Jejak binatang' Mars

Seorang peneliti membuat klaim kontroversial pada tahun 2018, menunjuk pada gambar struktur mirip tongkat, masing-masing seukuran sebutir beras, melintasi batu Mars.

Peneliti NASA dengan cepat membantah klaim tersebut, dan mencatat bahwa fitur serupa banyak terdapat di Bumi di wilayah di mana garam terkonsentrasi di air, seperti danau yang menguap.

Kehadiran mereka di Mars merupakan bukti lain dari adanya sungai dan danau di masa lalu di Planet Merah – namun masih belum memberikan bukti bahwa makhluk hidup pernah menghiasi permukaannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper