Syarat Monetisasi Youtube 2023 dan Tips Mengaktifkannya untuk Pemula

Hana Fathina
Jumat, 29 September 2023 | 09:37 WIB
Syarat monetisasi Youtube/Bisnis.com
Syarat monetisasi Youtube/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Youtube menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan, YouTube membuka peluang yang sangat besar untuk kepentingan individual maupun untuk mengembangkan bisnis. Untuk itu kamu perlu mengetahui syarat monetisasi Youtube. 

Kamu bisa mendapat pemasukan tanpa perlu menjual sesuatu produk. Bahkan, hanya perlu mengunggah video yang menarik dan meraih banyak tayangan. Sebelum mengunggah video, kamu harus memiliki channel YouTube terlebih dulu. Selain itu, kamu juga perlu membuat konten video yang original dan menarik perhatian pengguna. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak subscriber dan viewer.

Syarat Monetisasi Youtube

1. Harus memiliki 1000 Subscriber

Dengan membagikan channel youtube kamu kepada teman-teman mu melalui media sosial, kamu juga harus memperhatikan kualitas video youtube kamu, agar terlihat bagus dan menarik. Jangan sampai ketika pengunjung yang membuka dan menonton videomu merasa bosan dan tidak akhirnya tidak jadi mensubcribe channel youtubemu.

2. Mencapai 4000 jam tayang

Kamu harus memenuhi syarat untuk mencapai minimal 4000 jam tayang selama setahun. Itulah sebab kenapa kamu harus melakukan verifikasi dan menguploud video kamu sebanyak mungkin. Semakin banyak video yang kamu uploud dalam durasi yang panjang, maka akan mempercepat syarat tersebut. Jadi kamu jangan pesimis dulu ya, kamu harus optimis, jika kamu bisa melakukannya, semua ini butuh proses.

3. Menghindari komentar seperti spam

Ada baiknya untuk kamu hindari komentar spam, agar akun youtubemu bebas dari tindakan spam. Karena spam, menjadikan akun youtubemu menjadi tidak layak untuk mendaftar youtube adsense. Akun youtube yang melakukan spam, akan mendapatkan rating terburuk dan bisa mempengaruhi penilaian Adsense dari Youtube.

Tips Mengaktifkan Monetisasi Youtube untuk Creator Pemula

1. Buat konten dengan durasi lebih Panjang dan kualitas tinggi

Membuat konten berkualitas dan punya durasi panjang akan membantu Kamu mengaktifkan monetisasi akun Youtube dengan lebih cepat. Durasi panjang akan berkontribusi banyak dalam menambah jam tayang. Sementara itu, kualitas video yang tinggi akan menarik lebih banyak audience menonton konten Kamu.

2. Lakukan optimasi kata kunci pada tiap konten

Jika ingin mengunggah video Youtube, sebaiknya kamu melakukan riset keyword terlebih dulu dan memasukkan kata-kata kunci tersebut ke dalam bagian deskripsi video. Optimasi kata kunci seperti ini akan membantu audience mencari konten Kamu. Di samping itu, Youtube juga akan lebih mudah mengenali audience seperti apa yang cocok dengan konten Kamu.

3. Rajin mengunggah konten Youtube

Jika kamu rutin membuat konten, maka pertambahan jam tayang dan subscribers juga akan lebih cepat, sehingga Kamu bisa segera mendapat penghasilan dari Youtube.

4. Hindari konten berpotensi terkena teguran Youtube

Kini, Youtube sangat ketat mengawasi video-video unggahan kreator konten. Dibandingkan 10 tahun lalu, sekarang ada sangat banyak alasan konten Kamu bisa terkena teguran Youtube, misalnya akibat menggunakan aset orang lain, mengatakan terlalu banyak hal kotor, atau karena dilaporkan orang lain. Jika ingin sukses mendapat penghasilan di Youtube, Kamu harus cerdik menghindari kejadian-kejadian semacam ini.

5. Aktif mempelajari Youtube Creator Academy

Di situs resmi tersebut, Kamu akan mendapat banyak insight agar bisa membuat konten dengan stkamur kualitas Youtube.

Cara Monetisasi Youtube Melalui Akun Studio

  1. Cek akun Kamu dan pastikan akun tersebut tidak sedang menerima teguran dari Youtube
  2. Cara monetisasi Youtube berikutnya adalah dengan mengaktifkan verifikasi 2 faktor di akun Google Kamu. Ini diperlukan demi menjaga keamanan Youtube dari serangan oknum tidak bertanggungjawab. Apabila Kamu melewati langkah ini, kemungkinan besar pengajuan monetisasi akan ditolak.
  3. Pastikan akun sudah punya 4000 jam tayang dan 1000 subscribers.
  4. Masuk ke Youtube Creator, kemudian klik tombol “Monetisasi”, kemudian klik tombol “Mulai” di bagian “Tinjau Persyaratan Program Partner”.
  5. Jika belum punya Google Ads, Kamu akan diarahkan ke laman Ads lebih dulu.
  6. Klik “Minta Peninjauan” dan tunggu beberapa hari sampai proses mengaktifkan monetisasi akun Youtube Kamu selesai.

Itulah beberapa syarat monetisasi Youtube yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper