Sinergi dengan CIMB Niaga (BNGA), XL Axiata (EXCL) Bidik Pertumbuhan eSIM

Redaksi
Rabu, 20 September 2023 | 21:08 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) membidik pertumbuhan jumlah pelanggan embedded SIM (eSIM) melalui sinergi yang terjalin dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA). 

eSIM adalah teknologi kartu SIM terbaru untuk mengaktifkan layanan seluler di perangkatnya tanpa perlu menggunakan SIM fisik. 

Hal ini diakui oleh Group Head Mass Segment XL Axiata Lyra Filiola mengatakan eSIM hanya berubah dibentuk fisik kartunya saja, karena sebelumnya SIM kartu XL Axiata masih dari plastik menjadi elektronik kartu. 

"Jadi semua layanan banking masih dapat terbawa. Misal, orang masih memiliki nomor XL Axiata, dia pake kartu yang fisik pindah ke e-SIM itu layanan bankingnya masih terbawa,” kata Lyra kepada Bisnis, Rabu (20/09/2023). 

Dia menambahkan dengan adanya kerja sama antara XL Axiata dan CIMB Niaga, akan menjadi pendorong eSIM. Nasabah pengguna aplikasi OCTO Mobile berpotensi berlangganan eSIM, melalui aplikasi tersebut. 

Lyra menilai OCTO Mobile akan menjadi kanal jalur baru bagi perusahaan untuk mengakuisisi pelanggan eSIM. 

Diketahui, pada Agustus 2023 jumlah pelanggan eSIM XL Axiata telah mencapai 75.000. Jumlah tersebut diprediksi bertambah pada September 2023, seiring dengan layanan eSIM yang sudah dapat diakses untuk layanan prabayar, hingga pascabayar XL Axiata. 

"Update e-SIM, sekarang itu kita udah waktu pertama kali launching itu kan baru XL Private, XL Pra-bayar. Sekarang akses udah bisa, Prio udah bisa, dan waktu itu hype baru," ujar Lyra. 

Sebelumnya, Lyra mengatakan pada tahap awal peluncuran eSIM perseroan akan mengincar mayoritas dari pelanggan XL Axiata terlebih dahulu dan akan berkembang ke pelanggan mobile lainnya. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper