Adobe Photoshop Punya Fitur AI Generatif, Permudah Kerjaan Kreator

Redaksi
Kamis, 14 September 2023 | 09:31 WIB
Adobe System Inc/Istimewa
Adobe System Inc/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Adobe, perusahaan perangkat lunak multinasional, melengkapi Adobe Photoshop dengan fitur AI generatif, yang akan mempermudah kreator dalam membuat gambar di Photoshop. 

Selain itu, kreator dapat mencoba efek teks aneh di situs web Firefly, mewarnai ulang gambar di Illustrator, dan mempercantik poster dan video yang dibuat dengan Adobe Express.

Untuk menggunakan teknologi AI, kreator sudah bisa mengetahui berapa biaya penggunaan AI di Adobe Photoshop. 

Adobe tidak menaikkan harga namun akan menyertakan kredit untuk menggunakan Firefly dalam jumlah yang bervariasi tergantung langganan Creative Cloud yang Anda bayar. 

“Kami tidak ingin siapa pun menyimpan (kredit) atau berkreasi dari tempat yang langka atau merasa seperti dijatah,” Wakil Presiden Pemasaran Langganan Creative Cloud Deepa Subramaniam, dikutip dari cnet.com pada Kamis (14/09/2023).

Nah, jika Anda memiliki langganan Creative Cloud penuh yang memberi Anda akses ke semua perangkat lunak Adobe, Anda harus membayar seharga $55 per bulan atau setara Rp844.000. Dengan ongkos sebesar itu, Anda dapat membuat hingga 1.000 desain per bulan. 

Selain itu, jika Anda hanya memiliki satu langganan di aplikasi, misalnya untuk menggunakan Photoshop atau Premiere Pro yang harus Anda bayar adalah $21 per bulan atau setara Rp322.000, untuk 500 desain per bulan.

Kemudian untuk berlangganan Adobe Express, aplikasi seluler serbaguna seharga $10 per bulan atau setara Rp153.000, telah mencakupi 250 penggunaan Firefly. 

Melansir dari cnet.com, kemampuan AI yang mengesankan dalam meniru manufaktur manusia mulai menarik perhatian publik pada 2022 dengan hadirnya ChatGPT, chatbot berbasis teks dari OpenAI.

Alat AI kreatif yang dilatih pada data dalam jumlah besar dan kerap melakukan kesalahan. Namun, pelanggan Adobe  lebih mudah memaafkan karena makin banyak dari mereka yang mengeksplorasi ide.

Selain itu, AI memiliki kemampuan untuk berimajinasi lebih baik dari pada kebenaran sebenarnya.

Dia juga menambahkan pelanggan dengan paket berlangganan berbayar akan dapat terus menggunakan Firefly jika mereka menghabiskan tunjangan bulanannya, namun akan lebih lambat.

Faktanya, mereka yang menggunakan tingkat gratis dapat merasakan teknologi ini untuk 25 penggunaan per bulan.

Sebagai informasi, Firefly hanya tersedia dalam perangkat lunak versi beta, dan Adobe melarang penggunaannya dalam proyek komersial. 

Untuk menghindari masalah hak cipta yang mungkin menghalangi pelanggan komersial menggunakan AI, Adobe melatih Firefly AI-nya pada gambar dari korpus citra Adobe Stock dan gambar domain publik miliknya sendiri. 

Selain itu, Firefly juga akan hadir di alat pengeditan video Adobe Premiere Pro akhir tahun ini. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper