Begini Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Mudah bagi Pemula

Hana Fathina
Minggu, 3 September 2023 | 11:58 WIB
Cara mendapatkan uang dari TikTok, salah satunya jualan di TikTok Shop/Freepik.
Cara mendapatkan uang dari TikTok, salah satunya jualan di TikTok Shop/Freepik.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cara mendapatkan uang dari TikTok bisa dilakukan dengan berbagai langkah. TikTok merupakan platform media sosial yang banyak dikunjungi oleh pengguna aktif di seluruh dunia. Aplikasi TikTok menyuguhkan berbagai postingan video yang bisa kamu nikmati, selain itu kamu juga memanfaatkan Tiktok untuk mendapatkan uang. Ternyata, ada cara dapat uang dari TikTok yang bisa kamu coba, bahkan hal ini berguna juga bagi kamu yang dengan dan tanpa followers.

Tidak hanya para seleb TikTok atau TikTokers maupun influencer yang berhasil mendapatkan pundi-pundi uang dari aplikasi TikTok. Namun kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari TikTok.

Berikut ini beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Menjadi influencer TikTok 

Cara mendapatkan uang dari tiktok dengan menjadi influencer. Kamu bisa bekerja sama dengan brand untuk promosi produk lalu mendapat imbalan. Apalagi, aplikasi ini punya fitur seperti Creator Fund, Brand Takeover, dan Branded Hashtag Challenge, guna memudahkan influencer menghasilkan uang.

Tips menjadi influencer di medsos ini antara lain fokus pada niche atau topik tertentu, konsisten membuat konten, dan interaksi yang baik dengan followers. Seperti yang dilakukan @khaby.lame, influencer kondang dengan 150 juta lebih followers.

2. Mendaftar TikTok Affiliate

Mendaftarkan diri di program TikTok Affiliate bisa menjadi cara mendapatkan uang lewat TikTok yang patut kamu coba. Afiliasi adalah program yang memungkinkan kamu mempromosikan produk tertentu dan mendulang komisi penjualan dari produk tersebut.

Cara kerja programnya sama seperti program afiliasi pada umumnya. Kamu cukup menambahkan tautan afiliasi produk pada keranjang kuning ketika membuat konten video. Ketika ada orang yang mengklik link tersebut, Kamu akan otomatis mendapatkan komisi.

3. Berjualan produk di TikTok Shop 

Jual produk di TikTok Shop bisa menjadi cara mendapatkan uang dari tiktok yang menjanjikan. Meski baru seumur jagung, TikTok Shop banyak diminati pengguna, karena mereka dapat berbelanja langsung di aplikasi media sosial tanpa membuka marketplace terpisah.

Bagi para penjual, cara daftarnya juga sangat mudah. Cukup mengikuti persyaratan yang ditetapkan platform tersebut, mengunggah produk dan keterangan lengkap layaknya di marketplace lain, dan Kamu tinggal menunggu pembeli datang.

4. Mengelola TikTok Ads 

TikTok Ads adalah platform pemasaran digital di TikTok. Serupa dengan Facebook Ads, Instagram Ads, YouTube dan Google AdSense, TikTok pun mempunyai ads yang menggunakan hyper targeting. Dengan hyper targeting, bisnis pun bisa memasang iklan kepada orang-orang yang relevan, misalnya yang memang tertarik dengan produk yang mereka tawarkan.

5. Mendirikan agensi influencer TikTok

Tidak hanya menjadi influencer, kamu bisa membawa peluang ini selangkah lebih maju dan mendirikan agensi yang berfokus pada influencer TikTok. Agensi berfungsi menjadi penghubung antara influencer dan bisnis. 

Biasanya cara mendapatkan uang dari tiktok satu ini sangat diperlukan untuk mengatur budget perusahaan, menghubungi dan membuat kerja sama dengan berbagai influencer, serta memastikan materi konten yang influencer akan unggah sudah bagus dan menjual.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper