Mark Zuckerberg Umumkan Fitur Baru Threads, Apa Saja?

Lydia Tesaloni Mangunsong
Kamis, 10 Agustus 2023 | 12:45 WIB
Aplikasi Threads besutan Mark Zuckerberg/bloomberg
Aplikasi Threads besutan Mark Zuckerberg/bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengabarkan bahwa media sosial terbarunya, Threads akan memiliki sejumlah fitur baru yang akan dirilis minggu ini.

Hal tersebut disampaikan Zuck lewat unggahan di akun Threads pribadinya pada Rabu (9/8/2023) kemarin. Tiga fitur baru yang dimaksud adalah mengirim unggahan Threads ke Direct Message (DM) Instagram, menambahkan teks alt kustom ke foto dan video yang disertakan dalam unggahan, dan tombol mention yang sebelumnya tidak dimiliki Threads.

Selain itu, pemimpin Instagram, Adam Mosseri, menambahkan daftar fitur baru yang dimiliki Threads. Lewat unggahan di akun Threads pribadinya, Mosseri mengabarkan fitur untuk memverifikasi tautan profil Threads di platform media sosial terdesentralisasi.

“Kami juga meluncurkan dukungan Threads untuk tautan rel=me guna membantu memverifikasi identitas di platform seperti Mastodon. Anda sekarang dapat menambahkan tautan profil Threads pada platform yang didukung untuk memverifikasi identitas anda.” Demikian tulis Mosseri.

Tautan rel=me yang dimaksud ialah fitur khusus pada media sosial terdesentralisasi Mastodon yang akan memberikan tanda centang verifikasi pada tautan profil platform lain yang tertera di profil Mastodon pengguna.

Fitur baru ini membantu pengguna membuktikan pada platform lain bahwa profil Threads yang ditautkan pada platform tersebut adalah benar miliknya. Di samping itu, fitur ini juga menunjukkan sesuatu yang lebih besar, yakni fitur Threads yang terhubung dengan media sosial terdesentralisasi.

Sebulan yang lalu, Mosseri lewat unggahan di akun Threads pribadinya sempat menyebutkan soal rencana Threads menyediakan dukungan untuk pengguna terhubung ke ActivityHub, protokol jejaring sosial terdesentralisasi, yang tidak sempat dilakukan bersama peluncuran Threads sendiri. Menurut Mosseri, pengguna akan sangat membutuhkan fitur ini.

“Jika anda bertanya-tanya mengapa ini penting, inilah alasannya: suatu hari anda mungkin akan meninggalkan Threads, atau, semoga tidak, berakhir dengan berganti platform. Jika itu terjadi, anda harus dapat membawa audiens anda ke server lain.” Demikian tulisnya.

Mark Zuckerberg sebelumnya telah menjanjikan sejumlah fitur baru untuk meningkatkan kembali jumlah pengguna Threads yang anjlok.

Saat itu, dia menyebut fitur-fitur unggulan seperti kolom pencarian dan tautan unggahan Threads ke Instagram. Perusahaan juga menyebut akan membuat versi desktop untuk platform yang saat ini hanya memiliki versi aplikasi itu.

Namun, pengguna masih harus menunggu untuk mendapatkan pembaruan-pembaruan tersebut sebab ketiganya tidak muncul dalam daftar fitur baru yang diumumkan Zuckerberg dan Mosseri kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper