Notifikasi Fitur Keamanan Gmail Terus Muncul, Google Alami Error?

Lydia Tesaloni Mangunsong
Selasa, 8 Agustus 2023 | 13:58 WIB
Logo Google./Bloomberg-Andrew Harrer
Logo Google./Bloomberg-Andrew Harrer
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gmail diketahui mengalami error dengan terus mengirimkan notifikasi imbauan agar penggunanya menggunakan fitur yang diduga tidak menjamin keseluruhan privasi pengguna.

Saat ini jika pengguna membuka akun Gmail, notifikasi untuk mengaktifkan fitur Penjelajah Aman yang Disempurnakan atau Enhanced Safe Browsing akan muncul di bagian atas. Pada notifikasi tertera bahwa fitur ini menjanjikan keamanan tambahan dari email berbahaya yang mungkin berbuntut penipuan.

Namun, fitur ini disinyalir tidak 100 persen aman. Selama proses pemeriksaan keamanan situs yang dikunjungi pengguna, ada sedikit pertukaran privasi, yaitu ketika Chrome dan Gmail berbagi URL dengan Google untuk memeriksa apakah situs berbahaya dan untuk sementara mengaitkan informasi ini dengan akun Google pengguna.

Hal tersebut sejalan dengan penjelasan Google melalui situs blog resminya.

“Kami melakukannya agar ketika serangan terhadap browser atau akun Anda terdeteksi, Safe Browsing dapat menyesuaikan perlindungannya dengan situasi Anda. Setelah beberapa saat, Safe Browsing menganonimkan data ini sehingga tidak lagi terhubung ke akun Anda,” tulis Google.

Fitur Enhanced Safe Browsing, seperti dikutip dari Forbes, Selasa (8/8/2023), pertama kali dirilis pada tahun 2007. Fitur ini dapat memperingatkan pengguna jika mereka mengunjungi situs malware atau penipuan.

Notifikasi imbauan agar pengguna mengaktifkan fitur tersebut kini terus muncul meski pengguna telah menolak dengan memilih opsi “Tidak, terima kasih”.

Pada tingkat teknis, proses pertukaran informasi pengguna antar platform tersebut dapat dimengerti. Namun terlepas dari manfaat yang dijanjikan, tidak semua pengguna merasa nyaman menautkan akun Google mereka ke Chrome atau sebaliknya, data penjelajahan mereka ke akun Google.

Google perlu mengimbau pengguna juga tentang fakta sinkronisasi Chrome dan akun Google mereka sebelum fitur tersebut diaktifkan, terutama mengingat notifikasi untuk mengaktifkan fitur kini terus-menerus muncul.

Jika pengguna terlanjur mengaktifkan fitur Enhanced Safe Browsing dan ingin mematikannya, pengguna dapat mengikuti langkah berikut.

1. Buka akun Google Anda
2. Pilih opsi Keamanan (Security)
3. Pilih Penjelajah Keamanan yang Disempurnakan (Enhanced Safe Browsing)
4. Pilih Kelola Penjelajah Keamanan yang Disempurnakan (Manage Enhanced Safe Browsing)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper