10 Kapal Selam Mewah Termahal di Dunia

Kresensia Kinanti
Selasa, 4 Juli 2023 | 14:24 WIB
Nautilus VAS Submarine/
Nautilus VAS Submarine/
Bagikan

6. Deepsea Challenger - US$8 Juta (Rp120 Miliar)

10 Kapal Selam Mewah Termahal di Dunia

Setelah menaklukkan Hollywood dengan membuat dua film blockbuster penghasil uang terbesar sepanjang masa, James Cameron memutuskan untuk menaklukkan lautan.

Selalu menjadi orang yang memiliki selera mahal (Titanic dan Avatar adalah dua film termahal dalam sejarah Hollywood), Cameron meluncurkan Deepsea Challenger sepanjang 24 kaki senilai US$8 Juta atau setara dengan Rp120 Miliar pada tahun 2012 dengan tujuan mencapai dasar Palung Mariana, bagian terdalam dari samudra di dunia.

Cameron menjadi orang kedua yang berhasil menuju ke sana, dan hanya memerlukan waktu 2 jam 37 menit untuk tiba di sana.

7. Marion Hyper-Sub – US$3.5 Juta (Rp52 Miliar)

10 Kapal Selam Mewah Termahal di Dunia

Kapal selam super ini merupakan perpaduan antara kapal selam dan power boat.

Di atas air, kapal ini dapat mencapai kecepatan hingga 40 knot dengan mesin diesel 440 tenaga kuda, dengan jangkauan 500 mil yang mengesankan.

Di bawah air, kapal ini dapat menyelam hingga 250 kaki dengan menggunakan sistem penyelaman elektrik/hidrolik yang dapat diisi ulang.

Hyper-Sub sepanjang 31 kaki ini dapat menampung 5 orang. Penemu Hyper-Sub, Reynolds Marion, mengatakan bahwa kapal ini masih berupa purwarupa dan memiliki sejumlah aplikasi, mulai dari penelitian kelautan dan penggunaan militer hingga berperahu untuk rekreasi.

8. Triton 3300/3 – US$3 Juta (Rp45 Miliar)

10 Kapal Selam Mewah Termahal di Dunia

Triton 3300/3 adalah kapal selam dengan panjang 13 kaki dan lebar 10 kaki yang dapat membawa seorang pilot dan dua penumpang sejauh 3.300 kaki ke dalam air.

Bentuk gelembungnya yang transparan dan terbuat dari akrilik, memungkinkan ketiga penumpang untuk menikmati panorama laut di sekitarnya.

Karena di bawah sana sangat gelap, Triton menggunakan lampu LED yang kuat untuk menerangi sekelilingnya. Di kapal selam inilah manusia pertama kali menemukan cumi-cumi raksasa di bawah air.

9. Nautilus VAS Submarine – US$2.7 Juta (Rp40 Miliar)

10 Kapal Selam Mewah Termahal di Dunia

Nautilus VAS dapat menampung hingga 8 penumpang. Kapal ini memiliki kemampuan untuk bertahan di bawah air selama 4 hari, dan dapat turun hingga ketinggian 6.500 kaki.

Kapal ini memiliki airlock, sehingga penyelam dapat keluar dari kapal saat kapal terendam untuk melihat keindahan laut dalam dengan lebih baik. Kapal ini juga memiliki toilet, tangga, minibar, serta pemutar video dan musik digital.

10. Deepflight Super Falcon Mark II – US1.7 Juta (Rp25 Miliar)

10 Kapal Selam Mewah Termahal di Dunia

Seperti namanya, Deepflight Super Falcon Mark II bukanlah kapal bawah air biasa. Desain unik dan sistem tenaga dari kapal lincah ini memastikan pengalaman yang mirip dengan penerbangan.

Deepflight Super Falcon dirancang untuk memberikan pengalaman yang luar biasa di bawah permukaan, dengan penekanan khusus pada keselamatan baik bagi kedua penumpang, maupun penyelam atau makhluk laut yang berenang di dekatnya.

Kapal selam yang ringan dan lincah ini memiliki kedalaman operasi sekitar 400 kaki dan kecepatan jelajah maksimum 6 knot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper