Meta Umumkan Pembaruan Perangkat VR Meta Quest 2 dan Quest Pro

Khadijah Shahnaz Fitra
Kamis, 22 Juni 2023 | 10:05 WIB
Mark Zuckerberg, pendiri Meta Platforms Inc./ Bloomberg
Mark Zuckerberg, pendiri Meta Platforms Inc./ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meta, induk dari Facebook, Instagram dan Whatsapp baru-baru ini mengumumkan pembaruan perangkat virtual reality (VR) terbaru dari perusahaan, yaitu headset VR Meta Quest 3. 

Melansir TheVerge, Kamis (22/6/2023), bagi pengguna yang ingin upgrade dari Quest 2 harus menunggu hingga September untuk merasakan peningkatan kinerja yang lebih baik.

Sementara itu, Meta berjanji akan meningkatkan performa Quest 2 (dan Quest Pro) melalui pembaruan di masa mendatang dan mempertahankan perangkat keras yang didukung untuk waktu yang lebih lama.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, menyatakan dalam upaya untuk memperbaiki pengalaman pengguna saat ini, Meta meluncurkan pembaruan v55 yang memberikan peningkatan kinerja pada headset VR Quest 2 dan Quest Pro.

Quest 2 akan mendapatkan peningkatan kecepatan GPU sebesar 19 persen, sementara pemilik Quest Pro akan mendapatkan lonjakan sebesar 11 persen. 

Selain itu, kedua headset tersebut juga mengalami peningkatan kinerja CPU hingga 26 persen. Peningkatan ini diharapkan memberikan pengguna pengalaman bermain game yang lebih lancar secara keseluruhan dan antarmuka pengguna yang lebih responsif.

Meta juga menambahkan fitur Penskalaan Resolusi Dinamis, yang memungkinkan aplikasi memanfaatkan lebih banyak piksel dengan frekuensi gambar yang konsisten.

Peningkatan kinerja ini akan memberikan kesempatan bagi para pengembang untuk memperbarui game dan aplikasi mereka guna mengambil keuntungan dari performa yang lebih baik. Contoh video yang disertakan dalam posting blog Meta adalah permainan The Walking Dead: Saints and Sinners yang menunjukkan peningkatan resolusi berkat pembaruan kinerja headset.

Selain peningkatan kinerja, pembaruan v55 juga membawa beberapa pengalaman perangkat lunak baru. Tab Jelajahi sekarang menyajikan konten media Meta, termasuk video berdurasi pendek dan konten dari akun Facebook dan Instagram pengguna.

Fitur Reels juga telah diuji sebelumnya dan kini telah tersedia. Meta Horizon Worlds juga memiliki tempat baru untuk dijelajahi, serta digital Avatar baru. Bagian Jelajah ini diluncurkan secara bertahap kepada pengguna saat ini.

Pada pembaruan sebelumnya, Meta Quest versi 54, perusahaan telah memperkenalkan notifikasi dari aplikasi non-VR, termasuk notifikasi dari Messenger.

Sekarang, dengan pembaruan v55, Meta telah menambahkan aplikasi Messenger mandiri di VR. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman tanpa harus melepas headset VR atau mengeluarkan ponsel cerdas.

Terakhir, Meta Quest Browser juga mendapatkan dukungan gerakan multi-sentuh. Pengguna sekarang dapat memperbesar dan memperkecil serta berinteraksi dengan elemen-elemen melalui gerakan tangan, selain menggunakan pengontrol Sentuh.

Fitur tersebut memberikan pengalaman kontrol tangan yang mirip dengan headset VR lainnya yang akan datang.

Dengan pembaruan dan peningkatan kinerja ini, Meta berharap dapat terus memberikan pengalaman VR yang lebih baik kepada pengguna dan memperkuat posisi perusahaan dalam persaingan di pasar VR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper