Spesifikasi Kapal Selam Titan yang Hilang Kontak Saat Wisata ke Bangkai Titanic

Sabina Arla Yogandini
Rabu, 21 Juni 2023 | 19:34 WIB
OceanGate Titan
OceanGate Titan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah kapal selam bernama Titan yang mengangkut lima orang dalam penyelaman laut dalam menuju bangkai kapal Titanic hilang di dasar Samudra Atlantik pada hari Minggu (18/6/2023).

Menurut penjaga pantai AS, kapal itu hilang kontak setelah menyelam sekitar satu jam 45 menit.

Berdasarkan informasi Pusat Koordinasi Penyelamatan Bersama Kanada di Halifax, Nova Scotia, kapal tersebut dilaporkan terletak 435 mil (700 kilometer) di sebelah selatan St John's, Newfoundland.

Hingga saat ini, pihak berwenang Amerika Serikat dan Kanada masih terus berusaha untuk menemukannya.

Melansir Live Science, Titan adalah kapal selam yang dioperasikan oleh perusahaan swasta, yakni OceanGate. Kapal ini berkapasitas lima orang yang dibangun untuk menyelam hingga kedalaman 13.123 kaki (4.000 meter).

Kapal selam ini melaju dengan kecepatan 3 knot (3,5 mph atau 5,6 km/jam). Kapal selam ini memiliki panjang 22 kaki (6,7 m) dan berat 23.000 pound (10.400 kilogram).

Titan adalah kapal yang dibuat khusus yang terbuat dari titanium dan serat karbon yang dilapisi oleh filamen. Kapal yang di desain dengan bautnya yang berada di luar membuat kru di dalam tidak dapat membukanya.

Untuk membukanya perlu bantuan dari tim yang ada di permukaan dengan cara membuka segel palka.

Kapal selam ini memiliki empat pendorong listrik yang dikendalikan dengan pengontrol game Logitech. Selama operasi penyelaman, OceanGate juga menggunakan teknologi satelit Starlink milik Elon Musk.

Titan memiliki beberapa metode untuk turun dan kembali ke permukaan, termasuk baling-baling, tangki apung yang diisi udara, dan beban yang dapat dijatuhkan untuk memberikan daya apung yang positif.

Dengan adanya serangkaian lampu, pemindai laser dan sonar, serta kamera yang dipasang secara eksternal, para awak kapal dapat melihat keluar dari kapal dan melihat ke dalam kegelapan laut dalam.

Menurut OceanGate, penumpang juga dapat melihat keluar langsung dari viewport Titan, jendela tahan tekanan dengan diameter internal 12,3 inci (31,2 cm) sehingga menjadikannya sebagai viewport terbesar dari kapal selam berawak yang menyelam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper