Bangkai kapal selam Perang Dunia II Ditemukan Setelah 20 Tahun Pencarian

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 14 Juni 2023 | 21:34 WIB
HMS Triumph/livescience
HMS Triumph/livescience
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bangkai kapal selam Perang Dunia II Inggris yang membantu mengantarkan era operasi militer khusus telah ditemukan di lepas pantai Yunani, di mana tempat kapal itu tenggelam pada tahun 1942.

Penyelam veteran Yunani Kostas Thoctarides mengumumkan bahwa timnya telah menemukan bangkai kapal HMS Triumph di Laut Aegea, di lokasi yang dirahasiakan "sepuluh kilometer" dari Cape Sounion dan pada kedalaman sekitar 666 kaki (203 meter). 

Dilansir dari Livescience, salah satu anggota tim pencari, Rena Giatropoulou Thoctarides, mengatakan bahwa bagian depannya rusak parah akibat ledakan yang menenggelamkan kapal selam.

Tapi tidak jelas penyebab ledakan itu eksternal dari muatan kedalaman atau ranjau laut atau internal, oleh ledakan salah satu torpedo kapal selam itu sendiri.

Thoctarides dan timnya telah mencari bangkai kapal Triumph selama lebih dari 20 tahun. 

Mereka telah menemukan bangkai empat kapal selam termasuk HMS Perseus pada tahun 1997  tetapi menemukan HMS Triumph "sangat sulit". Sebagian besar waktu dalam cuaca buruk dan dengan arus bawah air yang sangat kuat.

Operasi khusus

HMS Triumph diluncurkan pada tahun 1938 dan menyelesaikan lebih dari 20 misi selama Perang Dunia II, termasuk serangan terhadap kapal Poros dan kapal selam di Laut Mediterania.

Kapal itu terkenal juga menjalankan operasi rahasia, termasuk penyelamatan beberapa tentara Sekutu yang terperangkap di Afrika Utara dan penyusupan ke Yunani.

Triumph diam-diam berlayar ke Teluk Despotikos, lepas pulau dekat Antiparos di Cyclades, pada bulan Desember 1941.

Pada 30 Desember, kapal selam mengirim pesan terenkripsi yang melaporkan bahwa mereka telah menurunkan tim intelijen militer Inggris, dan kemudian dijadwalkan untuk menyelamatkan lebih dari 30 pelarian Inggris dari Antiparos terdekat pada 9 Januari.

Tapi Triumph tidak pernah muncul. Pada 23 Januari 1942, Royal Navy mendaftarkan kapal selam itu hilang di laut, dengan 64 awak di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper