Ini Fitur iOS 17, Apple Bakal Bikin iPhone & HP Android Beda Kasta

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 13 Juni 2023 | 10:15 WIB
Konsumen mencoba produk iPhone 14 series di toko resmi milik Apple. Bloomberg.
Konsumen mencoba produk iPhone 14 series di toko resmi milik Apple. Bloomberg.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple, produsen teknologi asal Amerika Serikat akan meluncurkan iOS 17 pada september 2023. Sistem operasi terbaru dari Apple ini dinilai bisa membuat iPhone dan HP Android jadi beda kasta.

Dilansir dari Techradar, Selasa (13/6/2023), fungsionalitas dan eksklusivitas iMessage telah disebut-sebut sebagai alasan utama mengapa para penggemar Android beralih ke iPhone dan tampaknya iOS 17 akan semakin memperlebar jarak antara layanan perpesanan milik Apple dan SMS/RCS.

Dari 10 fitur iOS 17, iMessage dinilai akan meningkatkan pengalaman berkomunikasi dengan pengguna iPhone dari ponsel Android.

Seperti yang pertama kali ditemukan oleh XDA Developers, iOS 17 beta memberi pengguna iPhone kemampuan untuk mengedit teks, membalas dalam utas, dan mengirim video berkualitas iMessage dalam obrolan grup yang berisi pengguna iPhone dan pengguna Android, tetapi fungsionalitas yang lebih baik itu dapat membuat kubu yang terakhir tidak dapat memahami apa yang dikatakan.

Sebagai contoh, obrolan iMessage sebelumnya akan berubah menjadi obrolan SMS tradisional jika ada pengguna Android yang bergabung dalam percakapan, iOS 17 beta pertama memungkinkan pengguna iPhone untuk tetap dapat mengedit teks meskipun ada pengguna Android dalam obrolan grup.

Para pengguna Android tersebut masih tidak dapat mengedit teks, tetapi yang mengejutkan, mereka juga tidak dapat melihat hasil editan yang dibuat oleh pengguna iPhone, yang berarti kedua belah pihak dapat melihat pesan yang berbeda dalam obrolan grup yang sama.

Seperti yang telah disebutkan, iOS 17 beta pertama juga memberikan pengguna iPhone kemampuan untuk membalas di utas pesan, bahkan ketika ada pengguna Android di dalam obrolan grup. Akan tetapi, pengguna Android tidak akan melihat utas tersebut sebagai utas, dan sebagai gantinya akan melihat pesan dalam tampilan bertumpuk tradisional.

Terakhir, iOS 16 memaksa semua anggota obrolan grup untuk melihat file gambar dan video terkompresi yang sama, iOS 17 akan memungkinkan pengguna iPhone untuk melihat file gambar dan video yang tidak terkompresi (atau berkualitas lebih tinggi). Sedangkan pengguna android tetap dengan batasan ukuran file yang ada.

Dengan kata lain, iOS 17 akan meningkatkan pengalaman obrolan grup untuk pengguna iPhone dengan membuat fitur iMessage tersedia dalam lebih banyak situasi - sebuah perubahan yang sebaliknya akan membuat pengalaman menggunakan obrolan grup menjadi lebih buruk bagi mereka yang menggunakan ponsel Android.

Apple diperkirakan akan meluncurkan iOS 17 bersamaan dengan lini iPhone 15 pada September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper