Dampak Patrick Waluyo Turun Gunung Jadi CEO GOTO Buat Jangka Panjang

Rio Sandy Pradana
Jumat, 9 Juni 2023 | 11:44 WIB
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masuknya Patrick Walujo menjadi calon CEO GOTO menggantikan Andre Soelistyo dinilai bisa membawa dampak positif bagi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. untuk jangka panjang.

Pakar manajemen sekaligus Managing Partner Inventure, Yuswohady berpendapat langkah tersebut menjadi hal positif bagi perusahaan. Patrick memiliki peran vital dalam tranformasi kinerja GoTo.

“Pergantian direksi di perusahaan publik memiliki potensi untuk membawa perubahan positif dan memberikan dampak yang baik dalam jangka panjang,” kata Yuswohady, Jumat (9/6/2023).

Dia menambahkan tren pergantian direksi merupakan hal lumrah di perusahaan publik untuk penguatan atau pengembangan bisnis ke depan.

Yuswohady menyebut beberapa alasan pergantian direksi yang bisa membawa dampak positif dan peluang baru. Pertama yaitu adanya pengalaman dan kompetensi, karena pergantian direksi baru dapat membawa ide-ide segar, wawasan baru, dan keahlian khusus yang dapat mengarah pada inovasi dan perubahan positif dalam strategi bisnis perusahaan.

Terlebih, lanjutnya, jika direksi baru tersebut merupakan orang yang memiliki track record yang baik, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih baik pada perusahaan untuk menghadapi tantangan baru.

Kedua, adanya keterwakilan yang lebih baik. Pergantian direksi seringkali mencerminkan perubahan dalam komposisi tim kepemimpinan, yang dapat menghasilkan representasi yang lebih baik dari beragam perspektif dan kepentingan.

Ketiga yaitu adanya perbaikan kinerja. Kehadiran direksi baru juga diharapkan dapat membawa visi yang baru, fokus pada efisiensi operasional, mengidentifikasi peluang pertumbuhan baru, serta mengimplementasikan perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Faktor keempat dapat meningkatkan kepercayaan investor dan pasar. Dengan adanya pergantian direksi yang terjadi dalam konteks transparansi dan akuntabilitas dapat mengirimkan sinyal positif kepada investor dan pasar. Hal ini dapat mempengaruhi harga saham, akses ke modal, dan citra perusahaan secara keseluruhan.

“Terutama untuk perusahaan publik, ketokohan itu sangat penting yang dapat memberikan keyakinan pada pelaku pasar,” tuturnya.

Kelima adalah kesempatan inovasi dan transformasi. Pergantian direksi dapat menjadi titik balik untuk perusahaan dalam hal inovasi dan transformasi.

Patrick Walujo ditunjuk menjadi CEO GOTO menggantikan posisi Andre Soelistyo. Andre Soelisyo selanjutnya menggantikan posisi Patrick sebagai Komisaris dan Deputi Chairman GOTO yang baru dijabat 3 bulan oleh bos Northstar Group tersebut.

Pergantian direksi itu diumumkan hari ini, Kamis (8/6/2023), sebagai agenda Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 30 Juni 2023.

Perseroan mengusulkan sembilan agenda RUPST dan dua agenda RUPSLB, salah satunya terkait dengan perubahan dewan direksi dan komisaris. 

"Perseroan menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama/CEO menggantikan pejabat sebelumnya, Andre Soelistyo. Pergantian ini akan efektif setelah mendapatkan restu pemegang saham," demikian tulis siaran pers dari manajemen GOTO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper