9.500 Kilometer Serat Optik XL Axiata (EXCL) Membentang di Kalimantan, SIap Dukung 5G IKN

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 9 Juni 2023 | 08:28 WIB
Ilustrasi kabel serat optik/Reuters-Alessandro Bianchi
Ilustrasi kabel serat optik/Reuters-Alessandro Bianchi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Serat optik PT XL Axiata Tbk. membentang lebih dari 9.500 kilometer di Ibu Kota Negara (IKN), yang akan digunakan untuk menghadirkan layanan internet berkualitas cepat termasuk 5G. 

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan sejak pemerintah resmi menetapkan calon IKN di Kalimantan Timur, XL Axiata secara bertahap terus menyiapkan pembangunan infrastruktur dan ekosistem jaringan di sekitar wilayah IKN. 

Dalam beberapa tahun terakhir, XL Axiata gencar membangun jaringan tulang punggung (backbone) melalui jalur kabel fiber optik di Pulau Kalimantan.

Adapun hingga saat ini XL Axiata telah memiliki lebih dari 9.500 km jalur kabel fiber optik yang telah melalui Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. 

“Termasuk sepanjang kurang lebih 5 kilometer jalur kabel fiber optik XL Axiata telah melewati wilayah IKN,” kata Darmayusa dikutip, Jumat (9/6/2023). 

Darmayusa mengatakan perseroan gencar melakukan proses fiberisasi jaringan di seluruh Kalimantan, hingga saat ini sudah lebih dari 45% base transceiver station (BTS) terfiberisasi, sebagai upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS dengan jalur fiber. 

Proyek fiberisasi diterapkan di seluruh BTS XL Axiata termasuk yang berada di Kalimantan. Fiberisasi dilakukan sekaligus untuk meregenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber. 

“Fiberisasi juga merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan ekosistem dan jaringan 5G,” kata 

Darmayusa menambahkan, saat ini, XL Axiata berfokus menyediakan infrastruktur jaringan di area pembangunan proyek untuk memastikan seluruh pihak yang saat ini bertugas di sana dapat berkomunikasi secara lancar menggunakan jaringan data dari XL Axiata. 

Menurutnya, pembangunan di area IKN yang makin masif di berbagai bidang akan sangat membutuhkan layanan telekomunikasi dan internet yang berkualitas. Apalagi, pemerintah juga makin intens menggandeng investor untuk ikut ambil bagian membangun IKN.

Selain itu, jaringan XL Axiata juga telah menjangkau sebagian besar wilayah IKN yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, yakni sebanyak lebih dari 100 base transceiver station (BTS), termasuk lebih dari 70 BTS merupakan BTS 4G di Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Kemudian sebanyak lebih dari 350 BTS di Kabupaten Kutai Kartanegara, termasuk lebih dari 230 diantaranya  merupakan BTS 4G.

Untuk mendukung layanan telekomunikasi dan internet cepat di IKN, XL Axiata juga telah mengoperasikan SKKL Batam - Serawak yang menghubungkan Malaysia - Indonesia melalui Entikong - Pontianak sejauh 120 km. 

Infrastruktur ini akan memperkuat koneksi internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan kinerja dan latency yang lebih cepat dan berkualitas. Infrastruktur ini sudah beroperasi sejak 1 Juni 2022.

Jaringan kabel optik ini juga menjadi alternatif gateway international yang baru bagi Indonesia menuju Kuching, Serawak, dan Hongkong, serta menambah keragaman dan keandalan koneksi ke beberapa POP/HUB di Asia. 

“Bagi XL Axiata, infrastruktur baru ini penting untuk bisa mengatasi peningkatan trafik data di masa depan dan menyediakan jaringan berkualitas sehingga bisa memberikan layananan terbaik kepada pelanggan,” kata Darmayusa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper