Ini 7 Cara Mengatasi WiFi Tidak Ada Internet di HP dan Laptop

Nuraini
Kamis, 8 Juni 2023 | 16:20 WIB
7 Cara Mengatasi WiFi Tidak Ada Internet di HP dan Laptop (freepik)
7 Cara Mengatasi WiFi Tidak Ada Internet di HP dan Laptop (freepik)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kita memerlukan data ataupun WiFi untuk bisa berselancar di internet. Namun tidak dapat dipungkiri, masalah internet mungkin saja terjadi, seperti WiFi tersambung tetapi tidak bisa terhubung ke internet.

Hal ini sangat menyebalkan, lalu bagaimana cara mengatasi WiFi tidak ada internet? Simak beragam cara mengatasinya yang bisa Anda terapkan di laptop maupun HP. 

Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet di Laptop

Jangan khawatir, masalah internet WiFi tersambung tapi tidak bisa internet masih bisa diatasi dengan banyak cara. Berikut ini cara-cara mengatasinya untuk Anda sebagai pengguna laptop:

  • Cara Mengatasi WiFi Tidak Ada Internet dengan Menggunakan fitur Troubleshooting

Cara mengatasi WiFi tidak bisa terhubung di laptop bisa dengan memanfaatkan fitur troubleshooting. Cara penggunaannya sangat mudah dan sudah sering digunakan oleh pengguna laptop. 

Fitur troubleshooting gunanya untuk mencari tahu penyebab laptop tidak bisa terhubung WiFi. Caranya dengan membuka pengaturan pada laptop Anda, pilih opsi network dan internet, dan pilih troubleshoot problems

Anda hanya perlu menekan tombol next saja. Setelah itu, laptop akan menampilkan hasil diagnosa kerusakan WiFi.  

  • Cara Mengatasi WiFi Tidak Ada Internet dengan Reset windows

Cara mengatasi WiFi tidak bisa terhubung ke laptop juga bisa dengan mereset windows.  Namun, reset windows akan membuat semua pengaturan yang salah kembali ke setelan awal. Jadi, semua aplikasi dan program yang sudah Anda unduh akan terhapus.  

Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet di HP

Cara mengatasi WiFi tidak bisa terhubung di HP dengan di laptop tentunya berbeda. Bagi Anda yang mengalami masalah ini ketika sedang menggunakan HP, sebaiknya simak cara penyelesaiannya seperti di bawah ini:

  • Lupakan jaringan dan sambungkan ulang

Cara mengatasi WIFI tidak ada internet di HP yang pertama yaitu dengan melupakan jaringan dan sambungkan kembali. Kondisi tidak tersambungnya WIFI diakibatkan oleh konfigurasi WIFI ke HP yang tidak tepat. Dengan melupakan jaringan sejenak dan menyambungkannya kembali dapat mengatasi permasalahan Anda. 

Anda perlu masuk ke pengaturan yang ada di HP. Lalu, pilih jaringan WiFi yang tersambung dan pilih opsi lupakan jaringan. Setelah beberapa saat, Anda sudah bisa menyambungkan WiFi kembali dan menggunakan internet. 

  • Restart HP

Restart HP menjadi jalan cara mengatasi WiFi tidak ada internet yang sering ditempuh oleh pengguna HP apabila terdapat masalah internet yang muncul tiba-tiba. Jika terdapat bug atau error, maka Anda bisa mengatasi masalah internet dengan cara ini. 

  • Restart modern

Cara mengatasi WIFI tidak ada internet di HP yang selanjutnya yaitu dengan melakukan restart pada modern. Untuk melakukannya pun cukup mudah. 

Anda hanya perlu mencabut colokan modem. Setelah beberapa saat, Anda dapat menyambungkannya kembali. 

  • Mode pesawat

Dengan menerapkan cara mengatasi WiFi lemot yang satu ini dapat memutuskan koneksi internet Anda. Namun, hal ini akan merefresh jaringan WiFi sehingga eror akan teratasi. Jangan lupa untuk menonaktifkan kembali mode pesawatnya ya. 

  • Alamat Mac terblokir

Saat Anda terhubung ke WiFi namun tidak ada internet, mungkin alamat mac Anda sudah diblokir. Anda dapat mengeceknya dengan cara yang mudah. 

Apabila HP sudah terhubung ke WiFi dan sandi tidak diubah, tetapi HP Anda tidak terhubung internet, dapat dipastikan bahwa alamat mac sudah diblokir oleh pemilik WiFi. 

Cara mengatasinya dengan meminta pemilik WiFi membuka blokir alamat mac dari HP Anda.

Demikian beberapa Cara Mengatasi WiFi Tidak Ada Internet hingga lemot meski sudah terhubung WiFi. Untuk memilih salah satu cara di atas, mungkin Anda memiliki beberapa pertimbangan tentu. Sebaiknya, pilih cara yang tidak mempersulit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper