Apple Vision Pro Segera Hadir, Era Smartphone Berakhir?

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 6 Juni 2023 | 09:56 WIB
Seorang wanita menggunakan Apple Vision Pro/Dok. Apple
Seorang wanita menggunakan Apple Vision Pro/Dok. Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple, perusahaan teknologi yang bermarkas di Amerika Serikat, memulai perjalanan baru dengan memperkenalkan Apple Vision Pro, sebuah headset berupa kacamata augmented reality, yang dapat menghadirkan gambar virtual dengan lebih nyata. 

Apple menandai produk tersebut sebagai komputer spasial, yang dapat membawa pengguna nampak seperti ke sebuah ruangan secara realtime. Perangkat ini digadang-gadang dapat menggantikan smartphone dalam beberapa tahun ke depan. 

Pembawa acara senior pada salah satu stasiun televisi, Jon Erlichman menyebut dalam akun twitternya, salah satu tren yang memengaruhi produk Apple sehingga dapat menjadi pemimpin adalah mobilitas. Adapun saat ini Apple memperkenalkan Apple Vision Pro, sebuah kacamata super canggih.

Tidak hanya itu, Jon mengutip pernyataan Bos Apple Tim Cook, yang menyebut bahwa Apple Vision Pro bukanlah produk terakhir, melainkan awal dari sebuah perjalanan. 

Saat ini kacamata canggih ini memang nampak seperti kacamata renang yang besar dan hampir menutupi setengah wajah, namun berdasarkan histori, Apple selalu membuat perangkat menjadi makin minimalis.   

Jon menilai apa yang diungkapkan Apple hari ini adalah bagian dari transisi yang diharapkan mengarah ke kacamata augmented reality. Transisi tersebut diperkirakan membutuhkan waktu 10 tahun. 

“Pada saat itu, iPhone akan menjadi series 25! Terlepas dari apakah petaruhan baru Apple berhasil, itu adalah pengingat akan perubahan. Dan, produk yang menjadi bagian besar dari kehidupan saat ini mungkin memudar perannya dari waktu ke waktu,” tulis Jon di akun twitternya @jonerlichman dikutip, Selasa (6/6/2023). 

Dalam cuitannya Jon menyinggung bagaimana seluruh produk terbaik Apple pada akhirnya akan tergantikan dengan perangkat yang lebih baik lagi, yang juga diproduksi oleh Apple tentunya. 

Masa depan iPhone, yang telah berusia 16 tahun dan menjadi produk terlaris Apple selama belasan tahun berturut-turut, berhasil menggeser popularitas iPod pada 2011, yang berkuasa selama 7 tahun di puncak. Tidak menutup kemungkinan hal serupa juga akan terjadi di iPhone seiring dengan hadirnya Apple Vision Pro. 

“Saat ini, diperkirakan 1,4 juta iPhone terjual setiap 2 hari. Tetapi apakah itu akan berubah dalam dekade mendatang?” tutup Jon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper