Johnny G. Plate Jadi Tersangka, Ini Nasib Proyek Satelit Satria

Rahmi Yati
Selasa, 30 Mei 2023 | 16:08 WIB
Ilustrasi peluncuran satelit./ Dok. Reuters
Ilustrasi peluncuran satelit./ Dok. Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Satelit Republik Indonesia (Satria) dipastikan tetap meluncur sesuai jadwal kendati Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) nonaktif Johnny G. Plate tengah terjerat kasus dugaan korupsi BTS 4G.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong mengatakan hingga saat ini sejumlah program kerja Kementerian dipastikan tetap berjalan, termasuk peluncuran Satelit Satria yang dijadwalkan bulan depan.

"[Peluncurannya] pertengahan Juni," ujar Usman kepada Bisnis.com, Selasa (30/5/2023).

Sebelumnya, Plt Menkominfo Mahfud MD juga mengaku mengusahakan semua proyek yang direncanakan Kemenkominfo tetap dilanjutkan. Hal itu juga sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Tetap diusahakan untuk dilanjutkan. Semua sekarang lagi dipelajari kontrak-kontraknya, masalah-masalahnya agar [program-program] Kominfo berlanjut," katanya dalam konferensi pers akhir pekan lalu.

Adapun satelit ini dibangun oleh PT Satelit Nusantara 3 dan menggunakan teknologi Very High-Throughput Satellite (VHTS) dan frekuensi Ka-Band. Satelit ini dibangun di Thales Alenia Space, Cannes, Prancis.

Dalam keterangan resmi awal Mei 2023, Satria disebut telah masuk tahap finalisasi dan akan dikirimkan menuju tempat peluncuran di Florida Amerika Serikat (AS) melalui jalur laut pada 8 Mei 2023. Diperkirakan dalam waktu 2 pekan, Satria akan sampai ke Cape Canaveral, Florida, AS.

Satria direncanakan meluncur pada pertengahan Juni dengan menumpang roket milik SpaceX, Falcon 9. Satelit Satria sendiri memiliki kapasitas 150 Gbps. Kapasitas transisi yang disediakan diklaim tiga kali lebih besar dari sembilan satelit aktif yang digunakan di Indonesia.

Satelit ini diharapkan bisa melayani internet di 150.000 layanan publik, mulai dari fasilitas pendidikan, pemerintah daerah, administrasi pertahanan keamanan dan fasilitas kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper