Asteroid Seluas 1 Km Dekati Bumi, Dampak Kehancuran Level Benua

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 23 Mei 2023 | 10:53 WIB
Asteroid menuju bumi
Asteroid menuju bumi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti menyebut terdapat asteroid dengan luas 1 km atau 0,6 mil yang melintas dekat dengan Bumi. Dampak kehancurannya bisa mencapai level benua dengan korban ratusan juta manusia.

Dilansir dari LiveScience, Selasa (23/5/2023), kabar tersebut dikutip berdasarkan penelitian terbaru di The Astronomical Journal dan tersedia di peladen pracetak arXiv.org.

Sebagai informasi, asteroid berdiameter 0,6 mil lebih kecil daripada asteroid yang memusnahkan dinosaurus, yang diperkirakan berdiameter 6,2 mil (10 km).

Namun, asteroid selebar 0,6 mil masih dapat menyebabkan kehancuran berskala benua, menurut Global Challenges Foundation, yang berpotensi membunuh ratusan juta orang.

NASA telah mengumpulkan katalog sekitar 962 objek dekat Bumi dengan ukuran ini, yang kemungkinan besar mewakili sekitar 95 persen dari batu angkasa dalam kategori ukuran ini yang melintas di dekat planet Bumi.

Kabar baiknya, asteroid tersebut tidak akan menghantam bumi setidaknya dalam 1.000 tahun ke depan.

"Ini adalah kabar baik," kata Oscar Fuentes-Muñoz dari University of Colorado Boulder, yang memimpin penelitian ini, kepada MIT Technology Review.

Para ilmuwan biasanya memperkirakan bahwa asteroid sebesar ini menabrak Bumi kira-kira setiap 600.000 hingga 700.000 tahun, meskipun beberapa peneliti berpendapat bahwa tabrakan ini terjadi lebih sering.

Fuentes-Muñoz dan rekan-rekannya menggunakan metode baru untuk memperkirakan orbit objek dekat Bumi yang besar yang dapat menyebabkan tabrakan, sehingga mereka dapat mengintip 1.000 tahun ke depan, jauh lebih lama dari perkiraan asteroid pada umumnya. Mereka meneliti orbit mana yang berpotensi membawa asteroid lebih dekat ke Bumi daripada jarak rata-rata antara Bumi dan bulan.

Objek yang paling berbahaya, asteroid berbatu berdiameter 0,8 mil (1,3 km) yang dinamai 1994 PC1, hanya memiliki peluang 0,00151 persen untuk mendekat ke orbit Bulan dalam milenium berikutnya.

Dan itu 10 kali lebih besar kemungkinannya dibandingkan asteroid lain dalam kumpulan data, demikian dilaporkan MIT Technology Review.

Objek yang lebih kecil dari satu kilometer juga bisa berbahaya, hanya saja dalam skala geografis yang lebih kecil. Peristiwa Tunguska, yang meratakan hutan Siberia seluas 830 mil persegi (2.150 kilometer persegi) pada tahun 1908, disebabkan oleh ledakan batu angkasa berdiameter sekitar 200 kaki (60 meter) di atmosfer.

Di daerah berpenduduk, ledakan seperti itu akan sangat menghancurkan. Pada 2013, bola api yang lebih kecil, yang disebabkan oleh pecahan asteroid berdiameter sekitar 59 kaki (18 meter), menghancurkan jendela dan merusak bangunan di Chelyabinsk, Rusia, dan melukai hampir 1.500 orang.

NASA sekarang sedang bekerja untuk membuat katalog asteroid berukuran 459 kaki (140 m) atau lebih besar, yang mampu menghancurkan sebuah kota. Katalog tersebut telah selesai sekitar 40 persen,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper