8 Cara FYP di TikTok, Para Creator Wajib Tahu

Nuraini
Senin, 22 Mei 2023 | 14:52 WIB
8 Cara FYP di TikTok, Para Creator Wajib Tahu/Pexels
8 Cara FYP di TikTok, Para Creator Wajib Tahu/Pexels
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - TikTok merupakan platform video pendek yang banyak disukai. Bahkan, kini pengguna dan creator TikTok sudah sangat menjamur. Sayangnya, masih banyak creator TikTok yang belum mengetahui cara FYP TikTok.

Lantas, apa itu FYP di TikTok? FYP atau for your page adalah halaman utama aplikasi TikTok. Halaman ini menjadi bagian favorit para creator.

Pasalnya jika video mereka bisa masuk ke FYP pengguna lain, maka video tersebut berpotensi mendapatkan banyak penonton.

Jumlah penonton, likes, dan komentar sangat mempengaruhi engagement. Maka dari itu, banyak creator yang berusaha keras agar video yang diunggahnya bisa FYP. Bagaimana cara agar FYP di TikTok? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara agar FYP di TikTok dan Banyak Like

Meski tidak mudah, namun ternyata ada beberapa cara FYP di TikTok dengan cepat. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Unggah video di jam FYP TikTok

Salah satu cara FYP di TikTok tanpa hashtag yaitu yaitu dengan mengunggah video diwaktu yang tepat. Biasanya, jam ramai atau prime time antara pukul 12.00 – 13.00, 16 .00 – 17.00, atau 19.00 – 23.00.

Hari sabtu dan minggu juga dinilai menjadi waktu yang tepat untuk unggah video dibandingkan senin sampai jumat.

2. Menyertakan caption yang menarik

Cara FYP di TikTok berikutnya dengan memberikan caption terbaik. Caption adalah kalimat yang biasanya digunakan untuk menerangkan sebuah video. Caption sebaiknya dibuat singkat namun tetap jelas dan mudah dipahami. Selain itu, caption juga harus menarik agar bisa memancing interaksi di kolom komentar. Semakin tinggi interaksi, maka semakin tinggi value video tersebut.

3. Buat konten menarik

Tak hanya caption, cara supaya FYP di TikTok berikutnya yaitu dengan membuat konten yang menarik dan bisa meningkatkan engagement. Anda bisa membuat story telling yang menarik agar penonton tidak bosan saat melihat video Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan lagu atau efek yang sedang viral.

4. Mengikuti tren dan challenge terkini

Cara agar FYP di TikTok lainnya yaitu dengan mengikuti tren serta challenge terkini. Biasanya, para kreator membuat challenge TikTok yang unik. Nah, Anda bisa mengikuti challenge tersebut agar pengguna TikTok lain lebih mudah menemukan video-video Anda.

5. Berkolaborasi dengan creator lain

Kolaborasi menjadi salah satu cara agar Anda bisa FYP di TikTok. Berkolaborasi dengan creator lain bisa meningkatkan exposure karena dapat meningkatkan jumlah penonton dan komentar.

6. Berinteraksi dengan followers

Cara FYP di TikTok selanjutnya berinteraksi dengan user lain. Setelah unggah video di TikTok, sempatkanlah untuk membaca komentar dari followers kemudian membalasnya. Interaksi dengan pengguna lain ternyata bisa meningkatkan engagement akun Anda. Maka dari itu, biasakan untuk membalas komentar atau berinteraksi dengan followers dengan cara lain.

7. Buat video berdurasi pendek

Pengguna TikTok umumnya lebih menyukai video dengan durasi pendek. Maka dari itu, cara agar FYP TikTok sebaiknya membuat video dengan durasi yang pendek. Dengan demikian, penonton tidak merasa bosan dan bisa menonton video Anda sampai selesai.

8. Pakai hashtag

Penggunaan hashtag atau tanda pagar bisa membuat video yang Anda buat lebih mudah ditemukan. Gunakanlah hashtag yang banyak dicari seperti #foryou, #FYP, atau #foryoupage. Hashtag tersebut dapat ditulis di bawah caption video.

Itulah beberapa cara FYP di TikTok yang dapat Anda lakukan. Selain tujuh cara di atas, Anda juga harus konsisten untuk mengunggah video agar bisa cepat FYP dan viral. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper