Startup Flash Coffee Raih Rp736 Miliar, Siap Ekspansi ke Surabaya

Khadijah Shahnaz Fitra
Sabtu, 13 Mei 2023 | 10:50 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Flash Coffee, startup jaringan kopi asal Singapura mengumumkan keberhasilan pendanaan seri B yang digawangi White Star Capital sebesar US$50 juta atau senilai Rp736 miliar.

Sebagian besar investor termasuk White Star Capital, Delivery Hero, Geschwister Oetker, dan Conny & Co berpartisipasi dalam pendanaan dengan beberapa di antaranya menambah kepemilikan saham di perusahaan.

CEO dan Co-Founder Flash Coffee David Brunier mengatakan bersyukur mendapat dukungan berkelanjutan dari para pemegang saham dalam putaran pendanaan kali ini. Dengan 100 persen profitabilitas dari 92 outlet di Indonesia, Flash Coffee telah menemukan target market yang tepat dan siap untuk meluaskan jaringan ke berbagai kota lainnya untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.

"Kami percaya diri akan mencapai profit di tingkat grup tahun depan,” kata David dalam keterangan resmi, Kamis (11/5/2023).

David mengatakan dana segar ini akan digunakan untuk mengakselerasi misi perusahaan dalam mencapai profit di tingkat grup, termasuk juga untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan di wilayah Asia Pasifik dengan menyajikan kopi berkualitas premium untuk konsumen di Indonesia, Singapura, Thailand, Hong Kong, dan Korea Selatan. Serta mengembangkan teknologi dan inovasi produk untuk meningkatkan performa penjualan dari sejumlah gerai yang sudah ada.

David pun mengklaim Flash Coffee telah mengalami pertumbuhan eksponensial selama dua tahun terakhir dengan peningkatan pendapatan year on year sebanyak 23 kali lipat selama 2021 dan empat kali lipat pada 2022 serta mencapai lebih dari 100 persen kenaikan EBITDA year on year di tingkat grup pada tahun yang sama. 

Dengan gerai-gerai yang solid menghasilkan profit, Flash Coffee telah berada di jalur yang tepat untuk meraih profit di tingkat grup pada 2024, dengan pasar utamanya ditargetkan untuk menjadi EBITDA positif dalam beberapa bulan ke depan. 

Flash Coffee akan terus melebarkan sayap di pasar utamanya yaitu Indonesia menyusul kesuksesan ekspansi di Bandung yang sekarang telah memiliki sebelas gerai, dengan melakukan city launch secara resmi di Surabaya pada Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper