Ruangguru Caplok Startup Bimbel Online Asal Vietnam

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 9 Mei 2023 | 13:54 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ruangguru, startup edutech, mengumumkan telah menyelesaikan akuisisi Mclass, platform bimbingan belajar (bimbel) online asal Vietnam yang menawarkan solusi live teaching kepada siswa.

Co-Founder dan CEO Ruangguru Belva Devara mengatakan akusisi tersebut merupakan langkah strategis Ruangguru untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kapabilitasnya di wilayah tersebut, menyusul keberhasilannya memasuki pasar Vietnam pada 2019 melalui anak perusahaannya, Kien Guru.

Sebagai informasi, Mclass, yang didirikan oleh Nguyen Van Khai dan Nguyen Minh Thang pada 2019, dengan cepat menjadi salah satu platform pembelajaran daring paling populer dan tepercaya di Vietnam.

Platform ini bekerja sama dengan guru-guru terbaik di negara tersebut untuk menawarkan sesi live teaching pada mata pelajaran matematika, sains, sastra, serta persiapan perguruan tinggi seperti IELTS. 

Ruangguru menilai pendekatan inovatif Mclass telah mendapatkan respons yang positif dan menjadi daya tarik yang besar bagi siswa dan orang tua. Hal tersebut terlihat dengan adanya lebih dari 10 juta followers di media sosial para guru dan sesi live teaching guru-guru tersebut yang berhasil meraih 85.000 peserta pelajar secara serentak serta 1 juta total replay video untuk satu sesi pembelajaran pada 2022.

“Kami sangat senang menyambut Mclass ke dalam keluarga Ruangguru. Bersama dengan Kien Guru, kami yakin reputasi dan keahlian Mclass yang kuat dalam pembelajaran online dapat semakin memperluas penawaran dan meningkatkan bisnis kami di Vietnam dan di Asia Tenggara," ujar Belva dalam keterangan resmi, Selasa (9/5/2023).

Belva juga mengatakan pihaknya memiliki visi untuk menjadi perusahaan teknologi pendidikan terdepan di Asia Tenggara dan Ruangguru yakin bahwa akuisisi ini merupakan langkah lanjutan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dengan akuisisi ini, Ruangguru memperkuat posisinya sebagai salah satu pemimpin pasar di sektor edutech yang berkembang di Vietnam, terutama dalam segmen sekolah menengah atas. Di sektor tersebut Mclass menjadi platform live teaching terbesar.

Langkah strategis ini melengkapi solusi pembelajaran daring K-12 dari Kien Guru yang telah digunakan oleh lebih dari 2,5 juta siswa di Vietnam selama 4 tahun terakhir, termasuk solusi video belajar (pre-recorded), live teaching, dan fitur khusus untuk membantu siswa mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah.

Akuisisi ini tidak hanya memperluas solusi pembelajaran bagi siswa, tetapi juga akan memberikan kesempatan yang baik bagi guru Mclass untuk memperluas jangkauan mereka dan memberi dampak kepada lebih banyak siswa di Vietnam dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper