Trafik Data Smartfren Naik 14 Persen saat Lebaran 2023

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 28 April 2023 | 17:58 WIB
Karyawan melayani pengunjung gerai Smartfren di Jakarta, Rabu (7/9/2022).Bisnis/Abdurachman
Karyawan melayani pengunjung gerai Smartfren di Jakarta, Rabu (7/9/2022).Bisnis/Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) mencatat peningkatan lalu lintas data hingga 14 persen pada momen Lebaran 2023 dibandingkan dengan hari biasa, dan meningkat 27 persen dibandingkan dengan lebaran 2022. Peningkatan paling tinggi terjadi di Jawa Tengah, basis pelanggan utama Smartfren.

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat mengatakan lalu lintas data di Jawa tengah meningkat sebesar 23 persen dibandingkan dengan hari biasa, sementara itu Jawa Timur naik sebesar 13 persen dan Jawa Barat 10 persen. 

Agus mengatakan peningkatan lalu lintas data sejalan dengan kebutuhan digital masyarakat yang antara lain mencakup kebutuhan layanan transportasi online, e-commerce, sistem pembayaran, sampai komunikasi real-time menggunakan aplikasi.

“Pemicunya selain karena sudah tidak adanya aturan PPKM juga karena perubahan perilaku dan pola penggunaan internet di masyarakat. Saat ini makin banyak kebutuhan dan kegiatan sehari-hari yang mengandalkan koneksi internet,” kata Agus dikutip, Jumat (28/4/2023).

Dalam mengantisipasi lonjakan, Agus mengatakan perseroan terus melakukan peningkatan kapasitas jaringan dan optimalisasi jaringan agar pelanggan dapat menikmati kualitas terbaik dari jaringan internet Smartfren.

Dari sisi aplikasi, TikTok menjadi aplikasi dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi selama Lebaran. Lalu lintas data aplikasi TikTok di jaringan Smartfren tumbuh 28 persen dibandingkan dengan hari biasa, sementara YouTube tumbuh sebesar 9 persen.

Kemudian untuk pesan instan WhatsApp meningkat hingga 6 persen, sedangkan untuk media sosial seperti Facebook dan Instagram, kemudian game esports seperti Mobile Legends, Free Fire dan sejenisnya terjadi juga menaikkan lalu lintas pada kisaran 2 persen- 5 persen.

“Smartfren juga telah menerapkan teknologi-teknologi terbaru yang meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah implementasi content delivery network di sejumlah titik, sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman akses internet pelanggan dan memperkecil latensi,” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper