Gamer dan TikToker Sumbang Kenaikan Trafik Internet Telkomsel & Indosat saat Lebaran

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 24 April 2023 | 19:45 WIB
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Trafik layanan internet dari Telkomsel dan Indosat meningkat saat momentum Lebaran 2023, ditopang oleh tingginya akses pemain gim hingga pengguna media sosial, seperti TikTok.

Sepanjang periode Ramadan dan Idulfitri 2023, Telkomsel mencatat pertumbuhan trafik broadband mencapai 11,7 persen dibandingkan rata-rata hari biasa pada 2023. Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, pertumbuhan trafik broadband Telkomsel mencapai 11,4 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, hasil trafik broadband Telkomsel pada momentum tersebut didorong oleh adanya peningkatan aktivitas pelanggan dalam mengakses layanan digital. Telkomsel misalnya, mencatatkan peningkatan aktivitas digital yang mencakup akses gim mobile hingga 15,2 persen, sementara layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference tumbuh 5,5 persen.

Layanan digital yang mengalami pertumbuhan trafik tertinggi berasal dari instant messaging WhatsApp yang melonjak 40,3 persen, aplikasi media sosial seperti TikTok naik 28,5 persen, SnackVideo naik 23,4 persen, Instagram naik 14,2 persen, serta layanan streaming video YouTube naik 12 persen.

Berdasarkan wilayah, peningkatan trafik broadband tertinggi ada di wilayah operasional Kabupaten Cilacap yang tumbuh 58,8 persen, Kabupaten Ciamis naik 58,4 persen, Kabupaten Tasikmalaya naik 54,9 persen, Kabupaten Garut naik 54,4 persen, dan Kabupaten Langkat naik 38,7 persen.

"Secara keseluruhan kami telah mengantisipasi lonjakan trafik layanan broadband melalui optimalisasi infrastruktur jaringan berteknologi terdepan serta menjamin ketersediaan produk dan layanan digital unggulan," kata Saki melalui keterangan tertulis pada Senin (24/4/2023).

Telkomsel juga menurutnya telah melakukan optimalisasi jaringan di seluruh Indonesia. Kemudian, Telkomsel melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 490 point of interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

Selain Telkomsel, Indosat mencatatkan kenaikan lalu lintas data sebesar 15 persen pada masa libur Lebaran 2023 dibandingkan dengan hari normal. Peningkatan lalu lintas data pelanggan tertinggi terjadi pada malam takbiran yang melonjak 25 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

SVP Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison Agus Sulistio mengatakan, pemakaian aplikasi media sosial mengalami kenaikan sebesar 45 persen, messaging dan video call naik 28 persen, mobile gaming naik 14 persen, serta streaming video dan musik naik 10 persen pada lebaran tahun ini dibandingkan dengan lebaran tahun lalu. 

Ia mengatakan pelanggan Indosat paling banyak mengakses aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook saat mengisi waktu mudik dan liburnya. Aplikasi gim, seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG pun banyak digunakan.

"Tingginya kenaikan trafik data membuktikan bahwa pelanggan menikmati jaringan terintegrasi Indosat yang memberikan jangkauan lebih luas, kualitas layanan indoor yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat," ujarnya.

Ia mengatakan, Indosat telah mengantisipasi peningkatan trafik dengan meningkatkan kapasitas dan pengawasan intensif melalui command center fisik di kantor pusat serta regional.

Indosat juga mengantisipasi lonjakan trafik data yang signifikan di berbagai kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang, Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, hingga Tuban. Trafik data juga tercatat naik di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, di antaranya di Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit, dan Pare-pare.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper