Ini 5 Hewan Terkecil di Dunia, Ada Burung Kolibri

Nuraini
Rabu, 5 April 2023 | 14:02 WIB
Inilah 5 Hewan Terkecil di Dunia, Apa Saja_  (pixabay)
Inilah 5 Hewan Terkecil di Dunia, Apa Saja_ (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama ini kita mengira bahwa semut menjadi hewan terkecil di dunia. Padahal, masih ada juga hewan dengan ukuran yang kecil selain semut.

Bahkan hewan tersebut mungkin saja asing dan belum pernah Anda dilihat. Apa sajakah hewan terkecil di dunia selain hewan semut? Simak penjelasannya berikut ini!

Daftar Hewan Yang Terkecil di Dunia

1. Bumblebee Bat (Craseonycteris thonglongyai)

Salah satu hewan terkecil di dunia adalah Bumblebee bat atau yang dikenal juga dengan kelelawar Bumblebee. Hewan ini merupakan jenis mamalia terkecil yang ada di dunia berdasarkan dengan ukuran panjang yang dimiliki. 

Ukuran panjang dari kepala sampai dengan tubuh dari hewan ini hanya sekitar 1,1-1,3 inci atau setara dengan 29 sampai 33 mm. Habitat dari kelelawar ini bisa ditemui di Burma dan Thailand.

Biasanya kelelawar ini terletak di gua-gua batu kapur yang ada di sepanjang sungai. Seperti kelelawar pada umumnya, kelelawar Bumblebee ini juga menggunakan ekolokasi ataupun biosonar untuk dijadikan sebagai navigasi saat kelelawar terbang. 

Populasi kelelawar Bumblebee ini sekarang hampir terancam punah. Hal ini dikarenakan kehidupan mereka yang terus terancam karena gangguan ekstraksi batu kapur.

2. Baluchistan Pygmy Jerboa (Salpingotulus michaelis)

Hewan ini dikenal juga sebagai jerboa kerdil yang merupakan salah satu spesies hewan pengerat. Ukuran dari jerboa kerdil dewasa hanya sekitar 4,4 cm dengan ekor yang memiliki ukuran rata-rata 8 cm. Jerboa kerdil betina dewasa ini hanya memiliki berat 3,75 gram. 

Hewan ini bahkan tempat masuk Guinness Book di tahun 1999 sebagai hewan pengerat terkecil. Jerboa kerdil bisa ditemukan di Afghanistan dan Gurun Pakistan. Jerboa kerdil merupakan hewan nokturnal yang aktif malam hari. 

3. Katak Paedophryne Amanuensis

Hewan ini menjadi hewan terkecil di dunia yang berasal dari jenis vertebrata. Katak ini memiliki panjang 7,7 mm. Populasinya banyak ditemukan di Papua Nugini. 

Katak dari jenis ini tinggal di hutan hujan tropis dan lebih banyak menghabiskan waktu pada daun yang layu, lembab yang ada di hutan hujan tropis. Agar bisa bertahan hidup katak jenis ini memakan serangga dengan ukuran kecil yaitu ulat, rayap, dan cacing. 

4. Burung Kolibri Lebah (Mellisuga helenae)

Burung kolibri lebah menjadi salah satu hewan terkecil di dunia. Hewan ini juga dikenal dengan nama Bee Hummingbird. Burung terkecil ini memiliki panjang hanya 57 mm dan beratnya 2 gram. Burung kolibri lebah hanya bisa temukan di Kuba.

5. Bunglon Brookesia Micra

Hewan terkecil di dunia selanjutnya yaitu bunglon brookesia micra. Bunglon ini hanya memiliki ukuran 2-3 cm saja. bunglon brookesia micra ditemukan pada tahun 2012 dan menjadi hewan endemik Madagaskar. 

6. Barbados Threadsnake

Hewan terkecil di dunia yang terakhir adalah Barbados Threadsnake. Barbados threadsnake merupakan ular endemik di Pulau Barbados, Karibia Selatan. Ular ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang hanya sekitar 10 cm dengan lebar kurang dari ukuran spaghetti. Ular ini memiliki warna coklat tua dan seluruh tubuhnya dilapisi sisik seperti ular pada umumnya. 

Selain memiliki ukuran tubuh yang kecil, ular ini juga tidak mempunyai mata. Maka dari itu, ular ini lebih sering mengubur diri dan bersembunyi di batu. Walaupun demikian, ular ini termasuk pemangsa serangga kecil seperti semut dan rayap. 

Itulah sejumlah hewan terkecil di dunia yang mungkin belum pernah Anda jumpai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper