Serupa Mastodon, Meta Garap Media Sosial Baru untuk Saingi Twitter

Taufan Bara Mukti
Senin, 13 Maret 2023 | 16:12 WIB
Ilustrasi Twitter./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Ilustrasi Twitter./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Perusahaan induk dari media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp, Meta, mengaku tengah menggodok peggarapan media sosial baru untuk menyaingi Twitter.

Meta terus mengembangkan tekonologinya untuk membuat media sosial alternatif. Meski telah memiliki Facebook dan Instagram, Meta masih ingin lebih.

Meta dikabarkan ingin menyaingi popularitas Twitter yang diambil alih oleh Elon Musk.

Juru bicara Meta mengonfirmasi bahwa pihaknya akan mengembangkan media sosial baru yang mirip dengan media sosial Mastodon.

Mastodon sendiri adalah media sosial yang naik daun setelah Twitter diakuisisi Elon Musk. Mastodon merupakan media sosial terdesentralisasi yang berbasis teks dan bersifat terbuka (free open-source desentralized social media platform).

Terdesentralisasi maksudnya dalam Mastodon ada beberapa server. Nantinya semua server akan berkaitan dan membentuk jejaring yang dapat dimiliki oleh masing-masing pengguna.

Sistem tersebut yang nantinya akan diadopsi oleh Meta dalam media sosial terbaru garapan mereka.

"Kami tengah merancang sebuah media sosial terdesentralisasi yang berdiri sendiri. Platform ini bisa dipakai untuk mengirimkan informasi baru berbasis teks," ujar juru bicara Meta, dilansir dari Moneycontrol, Senin (13/3/2023).

Meta menilai, media sosial berbasis teks layaknya Twitter masih digandrungi oleh masyarakat. Sebab, media sosial jenis ini menjanjikan pertukaran informasi yang cepat.

Belum diketahui apa nama resmi untuk media sosial garapan Meta tersebut. Namun, kabar yang beredar menyebut media sosial tersebut memakai nama kode "P92".

P92 nantinya akan terkoneksi dengan akun Instagram masing-masing pengguna. Sebelum bisa memakai medsos tersebut, pengguna diminta untuk mengisi informasi dasar seperti nama, foto profil, dan bio.

Ada fitur follow dan like yang akan dihadirkan dalam media sosial baru milik Meta. Dua fitur ini serupa dengan yang ada di Twitter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper