Wah! Spotify Bakal Ubah Tampilan Jadi Mirip TikTok dan Instagram

Rahmi Yati
Jumat, 10 Maret 2023 | 19:49 WIB
Ilustrasi spotify/
Ilustrasi spotify/
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Platform streaming musik Spotify berencana mengubah tampilannya jadi mirip TikTok dan Instagram. Pembaruan ini diluncurkan untuk pengguna Android maupun iPhone di seluruh dunia dengan update dibagikan secara bertahap.

Dilansir dari The Verge, Jumat (10/3/2023), Spotify akan beralih ke konten video vertikal ala TikTok dan Instagram Reels.

Rencana itu diumumkan dalam acara Stream On. Nantinya, perubahan desain ini akan memengaruhi cara Spotify merekomendasikan konten kepada pengguna, dari yang sebelumnya hanya album dan playlist jadi video dan visual lainnya.

Pendiri dan CEO Spotify, Daniel Ek, mengatakan update baru ini akan mencakup home feed baru yang dirombak sepenuhnya. Desain baru ini akan membuat Spotify jadi lebih hidup dan interaktif.

Selain itu, dia menuturkan desain baru aplikasi bertujuan menciptakan lebih banyak ruang khusus untuk semua jenis konten baru Spotify.

Selama ini, pengguna yang membuka aplikasi Spotify akan disambut dengan tampilan grid yang menampilkan album dan playlist yang direkomendasikan. Nantinya dengan tampilan baru, kotak-kotak album dan playlist tersebut akan ditampilkan dalam jumlah yang lebih sedikit.

Dengan tampilan barunya, pengguna Spotify yang menggulirkan home feed ke bawah akan disambut dengan preview video klip musik. Video ini ditampilkan dalam bentuk vertikal dan layar penuh mengikuti video Canvas yang sudah menghiasi lagu di aplikasi.

Selain itu, pengguna juga bisa memilih salah satu antara tab 'Music' dan 'Podcasts & Shows' yang berada di bagian atas untuk melihat feed video yang bisa di-scroll secara vertikal, mirip seperti menjelajahi TikTok atau Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper