Perbedaan PeduliLindungi dan Satu Sehat Mobile, Apa Saja Fiturnya?

Rahmi Yati
Kamis, 2 Maret 2023 | 15:29 WIB
Ilustrasi tampilan aplikasi PeduliLindungi di ponsel. /Bisnis-Rio Sandy Pradana
Ilustrasi tampilan aplikasi PeduliLindungi di ponsel. /Bisnis-Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PeduliLindungi telah resmi bertransformasi menjadi aplikasi kesehatan masyarakat Satu Sehat Mobile pada 1 Maret 2023. Lantas, apa perbedaan kedua aplikasi tersebut?

Perbedaan antara PeduliLindungi dengan Satu Sehat Mobile terletak pada fitur rekam medis yang akan ada di aplikasi baru tersebut.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan Satu Sehat ini merupakan aplikasi masyarakat yang tidak hanya berisi riwayat tentang vaksinasi, tetapi juga riwayat kesehatan lainnya seperti pemeriksaan laboratorium yang pernah dilakukan termasuk juga riwayat catatan medis.

Dikutip dari laman Instagram @kemenkes_ri, Kamis (2/3/2023), aplikasi Satu Sehat Mobile akan memiliki sejumlah fitur terbaru, di antaranya Vaksin Dewasa dan Imunisasi Anak, Resume Medis Elektronik, Hasil Tes Lab dan Diari Kesehatan.

Terkait fitur Diari Kesehatan, Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji, mengatakan fitur ini dapat mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat.

"Ada empat kondisi yang akan bisa dicatat pada fitur tersebut," kata Setiaji dikutip dari laman resmi Kemenkes.

Kondisi-kondisi yang dimaksud di antaranya, pengukuran tubuh meliputi tinggi dan berat badan, kemudian tekanan darah, gula darah dan detak jantung.

Selain itu, juga akan muncul berbagai informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut.

Dengan adanya fitur Diari Kesehatan tersebut, Setiaji menyebut Satu Sehat Mobile dapat membantu dan memberikan informasi hingga memantau kesehatan sesuai dengan kondisi tubuh pengguna, dan hal tersebut dapat diakses hanya dalam genggaman.

Namun meski telah diperbaharui, aplikasi ini juga masih akan memiliki sejumlah fitur yang sudah ada di PeduliLindungi, yakni Check-in di ruang publik, Cek sertifikat vaksin Covid-19, dan Hasil Antigen atau PCR near real-time. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper