Traveloka Kerja Sama dengan Philippine Airlines, Majukan Pariwisata Asia Tenggara

Kahfi
Kamis, 2 Maret 2023 | 20:15 WIB
Traveloka melakukan kolaborasi strategis dengan Philippine Airlines untuk menyediakan layanan yang memenuhi kebutuhan para wisatawan/Traveloka
Traveloka melakukan kolaborasi strategis dengan Philippine Airlines untuk menyediakan layanan yang memenuhi kebutuhan para wisatawan/Traveloka
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Traveloka melakukan kolaborasi strategis dengan Philippine Airlines untuk menyediakan layanan yang memenuhi kebutuhan para wisatawan.

Inisiatif kolaborasi dengan Philippine Airlines—maskapai penerbangan utama dan satu-satunya jaringan maskapai penerbangan full-service di Filipina—sejalan dengan komitmen Traveloka untuk memperkuat pertumbuhan pariwisata Filipina dan Asia Tenggara.

Kerja sama strategis tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman (MoU) antara Traveloka dan Philippine Airlines yang ditandatangani di Manila pada Selasa (28/2/2023). MoU ini ditandatangani oleh Iko Putera, CEO Transport Traveloka dan Captain Stanley K. Ng, President & COO Philippine Airlines.

Berdasarkan data Departemen Pariwisata Filipina, jumlah wisatawan yang mengunjungi Filipina dari kawasan Asia Tenggara sepanjang awal pandemi 2020 mencapai 83 ribu wisatawan. Angka tersebut sempat turun drastis dibandingkan tahun 2019 yaitu lebih dari 526 ribu wisatawan, yang disebabkan oleh pembatasan wilayah secara global.

Namun, pada akhir 2022, seiring dengan upaya pemulihan ekonomi dan sektor pariwisata, jumlah pelancong dari kawasan Asia Tenggara menuju Filipina mencapai 188 ribu wisatawan, atau mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat.

Iko mengatakan bahwa pasca pandemi, antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan bisnis dan pariwisata semakin meningkat seiring dengan kembalinya kepercayaan konsumen untuk berwisata. Lonjakan tersebut didorong oleh tingginya persebaran vaksinasi dan dibukanya kembali perbatasan internasional.

Pemulihan perjalanan di Filipina juga terlihat dari data internal Traveloka sepanjang tahun 2021 hingga 2022. Jumlah pengunjung yang datang ke Filipina dari negara-negara Asia Tenggara dimana Traveloka beroperasi, meningkat sebanyak delapan kali lipat. Sementara itu, jumlah penumpang yang menggunakan penerbangan Philippine Airlines ke berbagai tujuan internasional meningkat hampir dua kali lipat.

“Sejak 2015, Traveloka telah berekspansi ke 6 negara di Asia Tenggara, termasuk Filipina. Kehadiran kami di Filipina merupakan wujud komitmen kami dalam menyediakan layanan yang fokus pada kebutuhan konsumen yang semakin dinamis. Selain itu, memberikan kemudahan akses melalui adopsi teknologi yang dapat digunakan untuk memenuhi aspirasi perjalanan konsumen di Asia Tenggara,” kata Iko, dikutip dari siaran pers, Kamis (2/3/2023).

Traveloka memahami bahwa konsumen memiliki kebutuhan dan aspirasi yang beragam, termasuk dalam hal merencanakan perjalanan wisatanya. Untuk itu, Traveloka senantiasa berinovasi memberikan produk dan layanan yang relevan, serta terbuka untuk menjalin kemitraan strategis dan kolaborasi dengan berbagai pemain di industri pariwisata untuk memberikan layanan terbaik bagi para konsumen. Salah satunya adalah dengan Philippine Airlines.

Hal ini sejalan dengan misi Philippine Airlines yang merupakan maskapai penerbangan internasional terkemuka di Filipina dengan jaringan penerbangan terbesar ke Asia, Amerika Utara, Australia, dan Timur Tengah. Philippine Airlines senantiasa berkomitmen dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen yang selalu menjadi prioritas utama.

Captain Stanley K. Ng, President & COO Philippine Airlines mengatakan, “Kami senang menjalin kerja sama dengan Traveloka, yang akan memperkuat hubungan kami dengan pasar global. Philippine Airlines selalu memberikan perhatian utama dalam membangun, mempertahankan, dan mengembangkan hubungan udara langsung ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya, yang berarti menjangkau para pelancong yang tinggal di seluruh dunia.”

Filipina merupakan salah satu negara tujuan wisata di Asia Tenggara yang telah membuka perbatasan bagi wisatawan asing. Negara kepulauan yang terkenal dengan keindahan alamnya ini menjadi tujuan wisata yang semakin menarik untuk dijelajahi. Mulai dari ibu kota metropolitan Manila, destinasi populer Boracay dan Cebu, hingga berbagai destinasi wisata yang sedang naik daun, seperti Siargao, El Nido, Coron, dan Kepulauan Balabac.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper