Startup Semaai Jaring Pendanaan Rp44 Miliar

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 27 Februari 2023 | 11:16 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semaai,  startup teknologi pertanian mengumumkan telah menutup tahap pendanaan sambungan dipimpin oleh Accion Venture Lab dan XA Network, dengan partisipasi para investor sebelumnya yaitu Surge, program percepatan dari Sequoia Southeast Asia & India, dan Beenext.  

Pendanaan tahap ini membawa total pendanaan Semaai mencapai US$2,9 juta, atau senilai Rp44 miliar. 

Co-founder dan CEO Semaai Muhammad Yoga Anindito mengatakan dana segar ini akan digunakan untuk mendukung perusahaan memperluas penawaran produknya untuk para petani dan UMKM agribisnis di Indonesia agar memaksimalkan potensi pendapatan mereka dan memperkuat komunitas agrikultur di Indonesia.  

Yoga menjelaskan saat ini perusahaannya menawarkan sebuah ekosistem digital yang terintegrasi sebagai solusi mengatasi masalah rantai pasok dan meningkatkan kapasitas teknis bagi UMKM agribisnis Indonesia seperti kios/pengecer sarana produksi pertanian di pedesaan (toko tani), dan petani kecil yang mereka layani. Rantai pasok pertanian di Indonesia sangat terfragmentasi dan kompleks. 

“Solusi Semaai mencakup tiga layanan utama dalam mengatasi masalah sistemik dalam industri pertanian Indonesia, yang besarnya mencapai US$ 100 miliar,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (27/2/2023). 

Saat ini pun, Semaai menyediakan marketplace digital B2B bagi toko tani dan petani untuk saprotan seperti benih dan pupuk, akses ke pasar untuk produk hasil panen, dan layanan agronomi untuk meningkatkan jumlah dan kualitas hasil pertanian.

Lebih lanjut, dana baru ini akan digunakan juga untuk mendukung ekspansi produk Semaai, yang meliputi pembangunan layanan digital advisory untuk pengecer dan petani, serta aplikasi petani yang memungkinkan petani mengakses saprotan yang terjangkau dan lebih dekat.

Sejak peluncurannya pada Agustus 2021, Semaai  mengklaim telah membangun jaringan toko tani dan petani kecil di lebih dari 2.980 desa di Jawa Tengah, dengan jumlah toko tani aktif dan pengguna UMKM di marketplace Semaai yang saat ini melayani 2,6 juta petani di wilayah tersebut. 

Pada tahun 2022, transaksi bulanan di marketplace Semaai tumbuh 37 kali lipat, dan pendapatan bulanan Semaai meningkat 20 kali lipat. 

Semaai juga membeli hasil panen dari jaringan petaninya dan mendistribusikannya ke beberapa supermarket, penggrosir dan perusahaan e-commerce besar di Indonesia. 

“Keuntungan dari penjualan ini diputar kembali kedalam kegiatan usaha Semaai, memastikan siklus pertumbuhan yang berkelanjutan,” tutup Yoga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper