J&T Express Bakal IPO di Hong Kong, Incar Dana Rp15 Triliun!

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 21 Februari 2023 | 12:58 WIB
Suasana gudang J&T Express./jet.co.id
Suasana gudang J&T Express./jet.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - J&T Express, startup logistik Indonesia, dikabarkan akan melakukan penawaran umum saham perdana (IPO) di Hong Kong pada paruh kedua tahun ini.

Dilansir dari Reuters, Selasa (21/2/2023), IPO ini dikabarkan akan mengumpulkan setidaknya US$1 miliar atau sekitar Rp15 triliun menurut sumber yang mengetahui masalah ini.

Adapun IPO ini menjadi usaha kedua J&T di Hong Kong setelah penundaan di 2022, karena kondisi pasar keuangan yang fluktuatif saat itu.

IPO ini pun dikabarkan  bisa menjadi terbesar di Hong Kong pada 2023. Pada penawaran umum ini, J&T Express sedang mempertimbangkan untuk menjual 5 persen hingga 10 persen sahamnya, yang akan membuat IPO bernilai antara US$1 dan US$2 miliar, kata sumber tersebut.

J&T Express pun belum membuat keputusan akhir untuk melanjutkan listing, dan kesepakatan akan bergantung pada kondisi pasar keuangan, kata orang-orang yang menolak disebutkan namanya karena mereka tidak diizinkan berbicara kepada media untuk membahas informasi rahasia.

Menanggapi pertanyaan dari Reuters, juru bicara J&T Express mengatakan bahwa perusahaan "tidak mengomentari rumor atau spekulasi pasar".

J&T Express bukanlah kolaborasi pertama antara Jet Lee dan Tony Chen. Mereka sebelumnya sama-sama bekerja di perusahaan pembuat smartphone Oppo. 

Jet Lee pernah menjabat sebagai CEO Oppo Indonesia, sementara Tony Chen merupakan pendiri dan CEO Oppo Co. Ltd.

J&T Express pun berdiri di Indonesia pada 2015 dan bergegas ekspansi dengan masuk ke Malaysia dan Vietnam pada 2017. Penetrasi berlanjut ke Filipina pada 2018, kemudian disusul operasional di Singapura dan Kamboja pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper