Kumpulan Teori Konspirasi Terpopuler di Dunia, Percaya atau Tidak?

Arlina Laras
Senin, 20 Februari 2023 | 11:10 WIB
Gedung One World Trade Center di New York/Reuters
Gedung One World Trade Center di New York/Reuters
Bagikan

8. Ritual Setanisme

Selama bertahun-tahun selama 1980-an dan 1990-an, Amerika menjadi yakin bahwa jaringan setan bawah tanah bekerja sama untuk menculik, menyiksa, dan melecehkan anak-anak. Tidak ada yang nyata, tetapi teori konspirasi menghancurkan kehidupan dan mata pencaharian.

Puncaknya adalah acara spesial NBC yang terkenal dari Geraldo Rivera "Ibadah Iblis: Mengekspos Bawah Tanah Setan," yang ditayangkan pada 28 Oktober 1988. Sayangnya, dalam laporan tahun 1992 tentang kejahatan ritual, agen FBI Kenneth Lanning menyimpulkan bahwa rumor yang merajalela seputar ritual Setanisme tidak berdasar.

Phillips Stevens, Jr., profesor antropologi di State University of New York di Buffalo, mengatakan bahwa tuduhan kejahatan yang tersebar luas oleh pemuja setan "merupakan tipuan terbesar yang dilakukan terhadap rakyat Amerika di abad ke-20."

9. Teori soal Chemtrail

Teori konspirasi chemical trail (chemtrail) yang kian marak belakangan ini membuat berbagai isu hoax bermunculan. Isu chemtrail dikaitkan dengan condensation trail (contrail) yang merupakan fenomena "asap" pesawat.

Penganut teori konspirasi lantas menghubungkan jejak tersebut dengan chemtrail yang dianggap dilakukan pihak tertentu untuk menyebar senjata kimia atau senjata biologis seperti virus atau penyakit dari udara. Ada juga yang menyebut chemtrail dilakukan untuk mengurangi penduduk bumi hingga untuk mengendalikan pikiran orang. Namun teori ini banyak dibantah oleh para peneliti.

10. Barack Obama Bukan Orang Amerika 

Muirhead dan Rosenblum menggunakan konspirasi "pelahiran" untuk menggambarkan konspirasi. “Birtherisme” adalah kepercayaan bahwa Barack Obama tidak lahir di Amerika Serikat, oleh karena itu tidak memenuhi syarat untuk menjadi presiden. 

Untuk memerangi konspirasi, Obama tidak hanya harus merilis salinan akte kelahirannya pada tahun 2008, dia juga harus menindaklanjuti dengan merilis dokumen "bentuk panjang" asli pada tahun 2011, bertentangan dengan kebijakan rumah sakit yang biasa menerbitkan salinan komputer. akta kelahiran sebagai tanda pengenal yang dapat diterima.

Alhasil, rilis 2011 tersebut mengurangi jumlah orang Amerika yang percaya pada birtherisme. Tetapi banyak aktivis politik konservatif dan cendekiawan mengangkat profil mereka dengan mengadvokasi birtherisme, salah satunya Donald Trump. 

11. Covid-19 dan 5G

Salah satu konspirasi yang aneh memadukan ketakutan lama akan teknologi nirkabel 5G dengan ketakutan akan virus. Menurut konspirasi COVID 5G, frekuensi elektromagnetik dari menara ponsel merusak sistem kekebalan tubuh, membuat orang sakit COVID, para peneliti melaporkan pada tahun 2020 di jurnal Media International Australia. 

Teori konspirasi lain mengklaim bahwa vaksin COVID-19 mengandung chip pelacak yang terhubung ke jaringan 5G sehingga pemerintah, atau mungkin miliarder dan dermawan vaksin Bill Gates, dapat mengawasi pergerakan semua orang.

Seperti yang ditunjukkan CNBC , chip 5G terlalu besar untuk muat melalui jarum suntik vaksin, dan bahkan chip RFID terkecil yang dapat ditampung memerlukan sumber daya yang tidak dapat menekan.

12. Birds Is Not Real (Burung Tidak Nyata) 

Konspirasi Burung Tidak Nyata adalah gerakan yang dikembangkan oleh Peter McIndoe , 23, yang mulai menyebarkan ide tersebut pada tahun 2017, di mana dirinya menyebut bahwa burung itu tidak nyata, melainkan burung tersebut adalah drone pengintai yang dibuat oleh pemerintah AS. 

Gerakan ini mirip dengan QAnon, teori konspirasi yang mempercayai bahwa dunia dikendalikan oleh sekelompok elit Demokrat yang melakukan perdagangan anak. Bedanya adalah gerakan burung tidak nyata adalah olok-olok yang dilakukan remaja — Generasi Z.

Di dunia pasca-kebenaran yang dibanjiri dengan hoax dan dipenuhi teori konspirasi, anak muda bersatu dalam upaya untuk melawan dan mengolok-olok informasi yang salah. Mereka berupaya menjungkirbalikkan dengan absurdisme. Melawan kegilaan dengan kegilaan.

13. Teori Bumi Datar

Teori konspirasi Bumi datar pertama kali muncul pada 1950-an dan telah dihidupkan kembali di era Internet. Kaum bumi datar menghabiskan waktu mereka menciptakan fisika aneh untuk mencoba menjelaskan bagaimana hal-hal seperti gravitasi dan gerhana bulan bisa terjadi jika Bumi berbentuk piringan datar. 

Dosen Psikologi di Universitas Wincheser Inggris Michael Wood mengatakan banyaknya sekelompok orang yang percaya itu karena difdorong akan keyakinan agama atau keinginan untuk melihat alam semesta sebagai tempat yang lebih peduli dan berpusat pada manusia, 

14. Teori Konspirasi Vaksin Covid-19 

Teori konspirasi “vaksin COVID mengandung chip 5G” mudah untuk diejek, tetapi konspirasi yang terdengar tidak masuk akal seputar COVID kemungkinan besar akan menelan korban jiwa: Beberapa orang percaya bahwa vaksin yang dapat digunakan untuk mengobati Covid-19 sebenarnya membunuh pasien.

Hal ini menimbulkan banyak kejadian, di mana orang yang terinfeksi penyakit yang menolak obat yang efektif. Salah satu podcaster alt-health viral ini, mantan chiropractor bernama Bryan Ardis, juga telah menyebarkan gagasan aneh bahwa Covid-19 tidaklah disebabkan oleh virus, tetapi oleh bisa ular yang disuntikkan ke "orang tertentu" . 

15. Manusia Kadal Menjalankan Pemerintahan AS 

Banyak orang yang percaya bahwa keseluruhan pemerintahan dunia dijalankan oleh humanoid reptil. Gagasan tentang setengah kadal, setengah manusia sudah lama ada, dengan satu akademisi menelusurinya ke cerita majalah fiksi pulp dari tahun 1929. 

Teori konspirasi reptil mendapat dorongan sinyal kecil dengan kematian Ratu Elizabeth II pada September 2022. Menurut Politifact, Facebook menandai dan menghapus banyak postingan setelah kematian ratu yang menyebut raja sebagai reptil dan menautkan ke video aneh yang mengklaim seluruh keluarga kerajaan adalah reptil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper