Akibat 'Ulah' Bard Coba Saingi ChatGPT, Google Kena Kritik Karyawan

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 13 Februari 2023 | 15:52 WIB
Warga menunjukan aplikasi ChatGPT di Jakarta, Jumat (10/2/2023). Bisnis/Abdurachman
Warga menunjukan aplikasi ChatGPT di Jakarta, Jumat (10/2/2023). Bisnis/Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah meluncurkan kecerdasaan buatan untuk saingi ChatGPT, raksasa teknologi dunia Google mendapatkan kritik dari karyawanan sendiri terkait dengan "ulah" yang dilakukan Bard.

Dilansir dari IndiaToday dan CNBC Internasional, Senin (13/2/2023), saat platform chatbot tersebut diluncurkan terdapat beberapa kesalahan fatal.

Hal itu diketahui dari sebuah demo yang diunggah Google di Twitter. Dalam video tersebut, seorang pengguna bertanya kepada Bard "Penemuan baru apa dari Teleskop Luar Angkasa James Webb yang dapat saya ceritakan kepada anak saya yang berusia 9 tahun?"

Bard kemudian menanggapi dengan memberikan serangkaian poin-poin, termasuk mengatakan "JWST mengambil gambar pertama dari sebuah planet di luar tata surya kita sendiri".

Namun, sejumlah astronom di Twitter justru menegaskan bahwa jawaban itu tidak benar. Sebab, gambar pertama dari sebuah planet ekstrasurya diambil pada 2004 oleh Very Large Telescope milik European Southern Observatory sebagaimana dijelaskan dalam situs web NASA.

Bukan hanya itu, dalam forum internal beberapa karyawan Google mengkritik CEO Sundar Pichai atas cara penanganan AI chatbot Bard.

Para karyawan sedang mendiskusikan bahwa peluncuran Bard tersebut merupakan sikap terburu-buru, produk gagal, dan tidak sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. Karyawan juga meminta pertanggung jawaban Google terlebih Sundar Pichai.

Sebelumnya forum internal ini merupakan ruang positif yang penuh dengan kesenangan dan permainan. Namun saat ini mengambil 'nada serius' di minggu ini dengan karyawan yang merasa 'tidak puas dan malu' dengan cara penanganan peluncuran Bard.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper