Telkomsel dan Indosat Catat Kenaikan Trafik saat Nataru, Ini Rinciannya

Rahmi Yati
Rabu, 4 Januari 2023 | 01:00 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu gerai Grapari di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu gerai Grapari di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel dan Indosat Ooredoo Hutchison mencatat adanya kenaikan trafik layanan selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan terjadi kenaikan trafik akses broadband  sebesar 11,6 persen dibanding rerata hari biasa.

"Trafik juga melonjak hingga 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya dengan total payload mencapai 49,8 petabyte," katanya, Selasa (3/1/2023).

Menurutnya, peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital selama Nataru berimbas pada kenaikan trafik layanan.

Adapun Saki memerinci, lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode itu didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7 persen, dan video streaming sekitar 6,1 persen.

Kemudian mobile gaming juga melonjak hingga 23,9 persen, akses browsing tumbuh 79,8 persen, dan trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen.

"Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/ platform digital favorit seperti WhatsApp [32,9 persen], TikTok [11,3 persen], Instagram [24,6 persen], dan Facebook [6,5 persen]," tambahnya.

Namun begitu, selama periode Nataru, Telkomsel juga mencatat adanya penurunan akses layanan YouTube sebesar 0,9 persen, e-commerce hingga 0,3 persen dan layanan suara sekitar 4,1 persen.

Sementara itu Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) juga berhasil melayani kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan di momen pergantian tahun baru 2023.

SVP-Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison Agus Sulistio menuturkan, peningkatan lalu lintas data pelanggan tertinggi terjadi pada 1 Januari 2023 yang mencapai 16 persen dibandingkan hari normal.

“IOH mencatat peningkatan trafik data yang disebabkan oleh penggunaan aplikasi berbasis video seperti WhatsApp, YouTube, Instagram, TitTok, dan Facebook yang paling banyak digunakan selama libur Natal dan Tahun Baru," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper