SNC Hadir Tangkal Serangan Siber yang Merajalela

Kahfi
Sabtu, 24 Desember 2022 | 17:24 WIB
Ilustrasi kejahatan siber/Reuters-Dado Ruvic
Ilustrasi kejahatan siber/Reuters-Dado Ruvic
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Security Operation Center atau SOC merupakan tulang punggung bagi bergeraknya organisasi apapun di tengah era digital. SOC menjamin keamanan sekaligus kepatuhan terhadap regulasi yang relevan.

SOC terdiri dari tim dalam organisasi yang bertugas mengidentifikasi, mencegah, menyelidiki, dan menanggapi ancaman dunia maya, SOC harus memantau jaringan perusahaan sepanjang waktu dan mengelola segala kemungkinan risiko terhadap informasi sensitif, sistem komputasi, dan aset digital lainnya.

Tim keamanan dalam SOC menggunakan campuran solusi teknologi dan landasan prosedur yang kokoh. Analis keamanan, insinyur, dan manajer yang bertanggung jawab atas operasi keamanan biasanya membentuk tim di sana. Tim tanggap insiden, yang memastikan bahwa kerentanan keamanan ditangani segera setelah ditemukan, bekerja sama erat dengan tim.

Tidak semua bisnis dapat mendirikan pusat operasi keamanan. Ada beberapa penyebab untuk ini, tetapi kekurangan sumber daya adalah penyebab umum. Kekurangan sumber daya yang diperlukan, seperti waktu dan uang untuk menyiapkannya. Karena itu, melibatkan vendor SOC menjadi sangat bermanfaat.

Kemampuan bisnis untuk mengelola SOC yang efisien dan berkembang secara internal bergantung pada berbagai faktor. Karena kesenjangan bakat dalam keamanan siber, sulit untuk menemukan dan mempertahankan pekerja terampil. Selain itu, untuk memberikan keamanan siber yang sukses, sejumlah solusi keamanan harus dibeli. Solusi ini harus mampu menangani dan memitigasi berbagai potensi ancaman.

Penawaran untuk SOC-as-a-Service memungkinkan organisasi mendelegasikan tugas keamanannya ke vendor yang berbeda. Penyedia SOC-as-a-Service menangani pemantauan jaringan sepanjang waktu dan keamanan yang diperlukan untuk mempertahankan diri dari ancaman dunia maya kontemporer.

Salah satu vendor terkemuka bidang keamanan siber adalah Security and Connectivity (SNC). SNC sepenuhnya menyadari perlunya menjaga privasi pengguna dan keamanan data untuk kelangsungan bisnis dan kepercayaan pemangku kepentingan, khususnya dalam hal pelanggan atau klien.

Terlebih lagi, SNC telah berpengalaman dalam bidang Cyberspace Security, yang telah mahir menjalankan upaya untuk menjaga ketersediaan, kerahasiaan, dan integritas dunia maya itu sendiri, menurut standar ISO (International Organization for Standardization).

Secara lebih rinci, cybersecurity adalah tindakan pencegahan yang harus dilakukan semua pihak untuk melindungi diri mereka sendiri, terutama sistem komputer dan jaringan internet terhadap serangan online dan jenis akses tidak sah lainnya.

SNC menawarkan berbagai paket solusi keamanan siber yang dapat dipersonalisasi oleh pengguna, seperti Paket Solusi ICT Pelanggan, yang akan membantu pertumbuhan bisnis pengguna dan menyertakan Vulnerability Assessment dan Penetration Testing dalam paket yang diberikan.

Dengan bantuan tim berkualifikasi dengan sertifikasi internasional di bidang TIK, manajemen jaringan, dan sistem keamanan, SNC berdedikasi untuk menyediakan solusi keamanan siber terbaik yang mencakup semua yang tersedia di Indonesia saat ini.

SNC tersedia sebagai solusi pengelolaan, pengoperasian, pemantauan, dan pemeliharaan Ekosistem yang lengkap untuk sistem TIK perusahaan pelanggan, khususnya dalam hubungan antara konektivitas dan keamanan siber itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper