XL Axiata Kalahkan Telkomsel Soal Kecepatan Unduh, Lebih Ngebut!

Rahmi Yati
Kamis, 15 Desember 2022 | 21:32 WIB
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G/freepik
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G/freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengguna XL Axiata mencatat pengalaman kecepatan unduhan tercepat di Indonesia yakni rata-rata 20,8 Mbps, lebih unggul dari Telkomsel.

Kecepatan unduhan ini juga mengalami peningkatan rata-rata sebesar 2,1 Mbps atau 10,9 persen sejak laporan Opensignal sebelumnya yang dirilis pada Juli 2022.

"Pengguna XL mencatat Pengalaman Kecepatan Unduhan tercepat di Indonesia, 18,2 persen lebih cepat dari Telkomsel di posisi kedua dan lebih dari dua kali lipat dari Smartfren di posisi terakhir 9,5 Mbps," demikian dikutip dari laporan Opensignal, Kamis (15/12/2022).

Dalam laporannya, Opensignal juga menobatkan XL Axiata sebagai pemenang penghargaan Pengalaman Video, Pengalaman Game, dan Pengalaman Aplikasi Suara.

Hal tersebut terlihat dari pengalaman pengguna smartphone XL Axiata yang menikmati kualitas pengalaman terbaik yang tersedia saat streaming video, bermain game seluler multiplayer, atau menggunakan layanan suara over the top (OTT).

"Sementara itu, Telkomsel memiliki pengalaman paling konsisten dan memenangkan penghargaan kualitas Excellent Consistent dan Core Consistent untuk kedua kalinya berturut-turut dalam laporan pengalaman seluler Opensignal," tambah laporan itu.

Bukan itu saja, Telkomsel juga unggul dalam Pengalaman Jangkauan 4G dengan skor 8,8 pada skala 10 poin dan memenangkan penghargaan Pengalaman Jangkauan 4G atau mengungguli XL Axiata dengan skor 6,5 dan Indosat 6,4.

"Pengalaman Jangkauan 4G Opensignal menganalisis tempat menerima sinyal 4G relatif terhadap lokasi yang dikunjungi pelanggan operator jaringan," imbuh Opensignal.

Sebagai informasi, Opensignal menganalisis lima operator seluler, yaitu Telkomsel, Smartfren, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) yang dipisah jadi dua (sebelum merger) yakni Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri). Pengumpulan data ini dilakukan dari 1 Agustus sampai 30 Oktober 2022.

Laporan ini dibagi ke dalam sembilan kategori pengukuran terkait pengalaman jaringan seluler, yaitu Pengalaman Video, Pengalaman Game, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman Kecepatan Unduhan, Pengalaman Kecepatan Unggahan, Ketersediaan, Pengalaman Cakupan 4G, Kualitas Konsistensi Luar Biasa, dan Kualitas Konsistensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper