Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Gempa Garut, Telkomsel Pastikan Jaringan Telekomunikasi Aman

Telkomsel memastikan jaringannya aman kendati sempat terjadi gempa bumi magnitudo 6,4 di Garut, Jawa Barat pada Sabtu (3/12/2022).
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 04 Desember 2022  |  18:06 WIB
Gempa Garut, Telkomsel Pastikan Jaringan Telekomunikasi Aman
Gempa Garut berkekuatan Magnitudo 6,4 hari ini, Sabtu (3/12/2022), terasa hingga Jakarta dan sekitarnya. - BMKG
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memastikan jaringannya aman kendati sempat terjadi gempa bumi magnitudo 6,4 di Garut, Jawa Barat pada Sabtu (3/12/2022).

"Kondisi jaringan Telkomsel pascagempa di Garut tidak terdampak dan tidak ada gangguan," kata General Manager Network Service Assurance Jawa Barat Henry Ganda Purba kepada Bisnis, Minggu (4/12/2022).

Sebagaimana diketahui, berdasarkan keterangan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa pertama berlokasi di 46 kilometer arah Barat Daya Garut, Jawa Barat dengan kedalaman 118 kilometer.

Pemerintah Daerah Kabupaten Garut memastikan tidak terdapat korban jiwa akibat gempa tersebut. Namun berdasarkan catatan, terdapat sejumlah rumah yang rusak dan satu korban luka yang telah mendapatkan perawatan medis.

Bupati Garut, Rudi Gunawan, mengatakan kendati tidak terdapat kerusakan parah dan korban jiwa, gempa tersebut menimbulkan kepanikan luar biasa bagi masyarakat setempat, terutama mereka yang berada di daerah selatan sebagai titik pusat gempa.

"Ada rumah yang retak-retak, ada yang plafonnya roboh, ada beberapa sekolah yang rusak. Kini sedang diasesmen," ujar Rudi.

Sementara itu berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, terdapat kerusakan yang terjadi di beberapa desa. Di antaranya, di Kecamatan Pakenjeng terdapat empat rumah dan satu sekolah yang terdampak.

Kemudian terdapat satu rumah yang rusak di Desa Tanjung Jaya, satu rumah rusak di Desa Cigadog, dan satu rumah rusak di Desa Putrajaya. Adapun, di Desa Jatiwangi Pakenjeng terdapat satu rumah dan bagian dapur di satu sekolah mengalami kerusakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gempa Garut garut telkomsel telekomunikasi
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top