Badai PHK, Kemenkominfo: Momentum Bikin Startup Baru

Khadijah Shahnaz Fitra
Jumat, 2 Desember 2022 | 15:07 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menilai adanya badai pemutusan hubungan kerja (PHK) justru menjadi kesempatan untuk membuat perusahan teknologi dan startup yang baru di Indonesia.

Koordinator Startup Digital Kemenkominfo Sonny Hendra Sudaryana mengatakan kementerian karyawan yang terkena dampak PHK bisa memiliki kesempatan untuk menciptakan startup baru.

"Ada opsi untuk create your own startup, dan dari Kemenkominfo saat ini fokus untuk memberikan bantuan kepada yang terdampak PHK," ujar Sonny dalam acara Peluncuran Growth & Scale Talent Playbook di Asia Tenggara, Jumat (2/12/2022)

Lebih lanjut, Sonny menjelaskan saat ini Kemenkominfo memiliki beberapa bantuan untuk membantu karyawan yang terdampak untuk menjadi founder startup yang baru.

Kemenkominfo, lanjutnya, memiliki sejumlah program mulai dari 1.000 Startup dan Startup Studio. Terlebih, pemerintah fokus untuk menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan bonus demografi yang dimiliki di Indonesia.

"Salah satu engine untuk membuat lapangan pekerjaan baru adalah teman-teman engineer yang baru di PHK untuk menjadi founder," jelasnya.

Sonny juga mengatakan PHK yang saat ini terjadi di sektor teknologi tidak sebanding dengan sektor manufaktur terutama industri tekstil.

Jumlah karyawan yang terkena PHK di sektor teknologi belum mencapai 10.000 orang, sedangkan di sektor tekstil sudah lebih dari 100.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper