Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Badai PHK, Kemenkominfo: Momentum Bikin Startup Baru

Kemenkominfo menilai badai PHK justru menjadi momentum untuk membuat startup baru.
Khadijah Shahnaz Fitra
Khadijah Shahnaz Fitra - Bisnis.com 02 Desember 2022  |  15:07 WIB
Badai PHK, Kemenkominfo: Momentum Bikin Startup Baru
Ilustrasi Startup. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menilai adanya badai pemutusan hubungan kerja (PHK) justru menjadi kesempatan untuk membuat perusahan teknologi dan startup yang baru di Indonesia.

Koordinator Startup Digital Kemenkominfo Sonny Hendra Sudaryana mengatakan kementerian karyawan yang terkena dampak PHK bisa memiliki kesempatan untuk menciptakan startup baru.

"Ada opsi untuk create your own startup, dan dari Kemenkominfo saat ini fokus untuk memberikan bantuan kepada yang terdampak PHK," ujar Sonny dalam acara Peluncuran Growth & Scale Talent Playbook di Asia Tenggara, Jumat (2/12/2022)

Lebih lanjut, Sonny menjelaskan saat ini Kemenkominfo memiliki beberapa bantuan untuk membantu karyawan yang terdampak untuk menjadi founder startup yang baru.

Kemenkominfo, lanjutnya, memiliki sejumlah program mulai dari 1.000 Startup dan Startup Studio. Terlebih, pemerintah fokus untuk menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan bonus demografi yang dimiliki di Indonesia.

"Salah satu engine untuk membuat lapangan pekerjaan baru adalah teman-teman engineer yang baru di PHK untuk menjadi founder," jelasnya.

Sonny juga mengatakan PHK yang saat ini terjadi di sektor teknologi tidak sebanding dengan sektor manufaktur terutama industri tekstil.

Jumlah karyawan yang terkena PHK di sektor teknologi belum mencapai 10.000 orang, sedangkan di sektor tekstil sudah lebih dari 100.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp phk kemenkominfo
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top