Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Duh! Apple Gagal Produksi 6 Juta Iphone 14 Pro Imbas Protes di Pabrik Foxconn

Kerusuhan yang terjadi di Pabrik Foxconn, China menyebabkan Apple mengalami kerugian karena penurunan produksi Iphone 14 Pro.
Khadijah Shahnaz Fitra
Khadijah Shahnaz Fitra - Bisnis.com 29 November 2022  |  10:10 WIB
Duh! Apple Gagal Produksi 6 Juta Iphone 14 Pro Imbas Protes di Pabrik Foxconn
Pabrik iPhone terbesar di dunia di Kota Zhengzhou China milik Foxconn. - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kerusuhan yang terjadi di pabrik iPhone terbesar di dunia di Kota Zhengzhou, China, milik Foxconn menyebabkan Apple mengalami penurunan produksi 6 juta Iphone 14 pro.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (29/11/2022) menurut seseorang yang mengetahui terkait operasi perakitan, kerusuhan yang terjadi di Zhengzhou kemungkinan akan mengakibatkan penurunan produksi hampir 6 juta unit iPhone 14 Pro pada tahun ini.

Dia juga mengatakan perkiraan kerugian produksi bisa berubah tergantung dengan seberapa cepat Foxconn Technology Group, dapat membuat orang kembali ke jalur perakitan setelah protes keras terhadap gaji dan kebijakan lockdown.

Adapun, jika lockdown masih terjadi hingga beberapa minggu ke depan, kerugian produksi bisa lebih banyak lagi dibandingkan prediksi saat ini.

Dari sisi material, kerugian Apple diperkirakan mencapai US$1 miliar per minggu atau setara Rp15 triliun akibat penutupan dan kerusuhan di pabrik tersebut.

Dilansir dari CNN Business, Minggu (27/11/2022) Direktur pelaksana penelitian ekuitas di Wedbush Securities, Daniel Ives, menyatakan penghentian produksi yang berlangsung di pabrik Foxconn akan membahayakan untuk Apple.

“Setiap minggu penutupan dan kerusuhan ini, kami memperkirakan Apple menelan biaya [kerugian] sekitar US$1 miliar per minggu karena kehilangan penjualan iPhone. Sekarang sekitar 5 persen dari penjualan iPhone 14 kemungkinan terhambat karena penutupan brutal ini di China,” kata Daniel dikutip dari CNN Business, Minggu (27/11/2022)

Adapun, pada Senin (28/11/2022) saham Apple terlihat turun 1,9 persen dalam perdagangan pre market Senin di New York. Saham milik Apple pun sudah turun 17 persen sepanjang tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

foxconn apple iphone iPhone 14
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top