Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap-Siap! Suntik Mati Siaran TV Analog di Bandung Hingga Batam

Suntik mati siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) akan dilanjutkan di 93 wilayah mulai dari Bandung hingga ke Batam.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 24 November 2022  |  10:23 WIB
Siap-Siap! Suntik Mati Siaran TV Analog di Bandung Hingga Batam
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan paparannya saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR tentang perkembangan persiapan pelaksanaan digitalisasi penyiaran (ASO) di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/11/2021). - Antara\\r\\n\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Program suntik mati siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) akan dilanjutkan di 93 wilayah mulai dari Bandung hingga Batam.

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, dalam Rapat Kerja dengan Komisi I DPR, Rabu (23/11/2022).

"Ada 93 wilayah layanan atau 284 kabupaten/kota yang akan dilakukan ASO," ujar Johnny.

Dia menyebut pelaksanaan ASO tersebut akan dilakukan oleh-oleh masing lembaga penyiaran sesuai dengan kesiapan teknis dan untuk menjaga kepemirsaan masing-masing lembaga penyiaran.

Dia mengungkapkan bahwa Kemenkominfo akan melakukan pemantauan pada kepatuhan lembaga penyiaran sesuai dengan kewenangan.

"Secara teknis ASO dilakukan lembaga penyiaran di kantor masing-masing. Pada saat menetapkan ASO maka lembaga penyiaran disaat bersamaan mematikan siaran analog dan tersisa siaran full digital," jelasnya.

Berikit daftar kota besar yang akan segera dimatikan siaran TV analognya:

- Jawa Barat-1: Kota Bandung dan sekitarnya

- Jawa Tengah-1: Kota Semarang dan sekitarnya

- Jawa Timur-1: Kota Surabaya dan sekitarnya

- Kepulauan Riau-1: Kota Batam dan sekitarnya

Meski demikian, dalam paparannya Johnny tak menyebutkan kapan ASO akan dilaksanakan pada kota-kota tersebut. Dia hanya menegaskan bahwa suntik mati siaran analog akan dilakukan tergantung kesiapan penyelenggara multipleksing yang membagikan set top box (STB) kepada masyarakat miskin.

"Dari kesiapan infrastruktur MUX bisa dilakukan kapan saja, sudah siap semuanya. Dari kesiapan lembaga penyiaran seharusnya bisa dilakukan. Dari pembagian set top box bergantung pada kesiapan penyelenggara multipleks memberikan komitmen mendistribusikan dan instalasi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tv digital televisi analog analog switch off siaran televisi
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top