Huawei Gandeng AMSI Tingkatkan Kecakapan Digital Media Siber

Rahmi Yati
Rabu, 23 November 2022 | 13:36 WIB
Logo Huawei Technologies Co. berada di atas gedung perkantoran di Dongguan, China, Kamis (23/5/2019). Bloomberg/Qilai Shen
Logo Huawei Technologies Co. berada di atas gedung perkantoran di Dongguan, China, Kamis (23/5/2019). Bloomberg/Qilai Shen
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Huawei menjalin kemitraan strategis dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) untuk meningkatkan kecakapan digital media siber di Tanah Air.

Vice President Huawei Asia Pacific Public Affairs and Communications Jun Zhang mengatakan kerja sama keduanya juga bertujuan mengembangkan kompetensi dan keterampilan digital awak media di bidang teknologi informasi dan komunikasi menuju pengembangan jaringan di Indonesia.

"Melalui kerja sama ini, Huawei akan memberikan pemberdayaan pengetahuan ICT bagi awak media, serta menyelenggarakan program peningkatan kapasitas insan media di bidang teknologi," katanya dalam acara Indonesia Digital Conference 2022, Selasa (22/11/2022).

Zhang memerinci, program yang dilakukan akan meliputi beberapa sesi, yakni berbagi pengetahuan tentang topik teknologi TIK seperti cloud, AI, 5G, dan keamanan siber, serta kunjungan ke Pusat Inovasi Huawei.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan momen bersejarah bagi perkembangan digital industri media di Indonesia. Pasalnya, di era transformasi digital, masa depan industri media akan sangat terkait dengan kapasitas digitalisasi.

"Inilah mengapa kolaborasi antara AMSI dan Huawei sangat penting. Dengan teknologi terdepan Huawei di cloud, AI, dan sebagainya, kami berharap kemitraan ini dapat membantu lebih banyak media untuk memaksimalkan manfaat transformasi digital sepenuhnya," imbuhnya.

Sementara itu Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut menambahkan, pihaknya memiliki lebih dari 410 anggota penerbit yang beroperasi di 24 provinsi di seluruh Indonesia.

Tentunya, AMSI akan mendukung beberapa inisiatif yang diselenggarakan oleh Huawei, termasuk program pengembangan 100.000 talenta digital, Seeds for the Future, tanggung jawab sosial perusahaan, dan Huawei ICT Competition.

Dia menyebut saat ini ekosistem media siber Indonesia membutuhkan perbaikan yang substansial dan komprehensif agar dapat terus memenuhi amanatnya menghadirkan jurnalisme siber yang berkualitas, bertanggung jawab, dan terpercaya sambil terus berkembang secara sehat dan berkelanjutan.

"Mengingat awak media merupakan landasan utama untuk keberlanjutan ekosistem, dukungan dari para pemimpin teknologi global seperti Huawei di berbagai bidang mengenai teknologi canggih, akan memberdayakan media siber Indonesia untuk bertahan dan berkembang, sehingga berkontribusi pada konsolidasi masyarakat informasi Indonesia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas," tutur Wenseslaus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper