Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jelajah Sinyal: Begini Kecepatan Internet Telkomsel di Kota Maumere

Nilai RSRP untuk cakupan sinyal Telkomsel di perkotaan Maumere rata-rata kurang dari -80 dBm.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 05 November 2022  |  15:11 WIB
Jelajah Sinyal: Begini Kecepatan Internet Telkomsel di Kota Maumere
Teknisi PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (Mitratel) melakukan tes kecepatan mobile internet di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (5/11/2022)/JIBI/Bisnis - Suselo Jati
Bagikan

Bisnis.com, MAUMERE - Kekuatan dan cakupan layanan sinyal dan internet operator seluler Telkomsel di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), terbilang cukup baik. 

Hal itu terungkap dari data hasil drive test dan speed test yang dilakukan oleh tim Jelajah Sinyal 2022 dari Bisnis Indonesia pada Rabu (2/11/2022) di Kota Maumere.

Sebagai informasi, drive test merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi jaringan frekuensi radio secara real-time di lapangan. Kegiatan pengukuran sinyal dilakukan kepada beberapa operator dengan parameter coverage signal atau kekuatan sinyal.

Berdasarkan hasil pengetesan tersebut terungkap bahwa tersedia layanan dari tiga operator di wilayah Kota Maumere yakni Telkomsel, XL, dan Indosat. Band yang tersedia adalah Telkomsel 4G, Indosat 4G dan XL 4G.

Pada jaringan 4G kekuatan sinyal ini biasa disebut dengan reference signal received power atau RSRP.

Menurutnya, nilai RSRP untuk cakupan sinyal Telkomsel di perkotaan Maumere rata-rata kurang dari -80 dBm. Indikator RSRP itu menandakan layanan Telkomsel memiliki predikat sangat baik di Kota Maumere.

Adapun berdasarkan hasil speed test, kecepatan internet untuk Telkomsel di wilayah ini mencapai 55,52 Mbps untuk unduh (download) dan 60,83 Mbps untuk unggah (upload).

Adapun, tim Jelajah Sinyal 2022 dari Bisnis Indonesia dalam drive test dan speed test ini didampingi tim PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) atau Mitratel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Sinyal maumere telkomsel internet mitratel
Editor : Oktaviano DB Hana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top