Telkomsel: Indonesia Punya 52 Juta Orang Pemain e-Sport

Rahmi Yati
Jumat, 28 Oktober 2022 | 20:08 WIB
Para gamer dari dua tim e-sport berbeda sedang berkompetisi memainkan Call of Duty di Tokaigi Game Party Japan di Chiba, Jepang, Sabtu (26/1/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada
Para gamer dari dua tim e-sport berbeda sedang berkompetisi memainkan Call of Duty di Tokaigi Game Party Japan di Chiba, Jepang, Sabtu (26/1/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel mengatakan sedikitnya ada 170 juta orang di Indonesia yang bermain gim. Dari jumlah tersebut, 52 juta di antaranya adalah pemain olahraga elektronik atau e-sport.

VP Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan hal ini merupakan peluang besar tidak saja bagi Telkomsel, tetapi juga untuk Indonesia.

"Data terakhir yang dirilis oleh Kemenkominfo, ada sekitar 170 juta orang yang bermain gim di Indonesia dan yang e-sport ada sekitar 52 juta," katanya dalam konferensi pers, Jumat (28/10/2022).

Menurut Saki, pihaknya terus berupaya memaksimalkan potensi tersebut dan berharap Telkomsel dapat turut serta membangun industri gim di Tanah Air jadi lebih baik.

Dengan begitu, sambung dia, talenta di industri gaming dan e-sport ini tidak saja jadi penonton, melainkan jadi pemain di negara sendiri.

"Kita melihat ini suatu peluang yang sangat besar tidak hanya bagi Telkomsel, tetapi juga Indonesia. Di dunia ini ada sekitar 3 miliar orang yang bermain gim atau 40 persen dari populasi dunia," ujarnya.

Dalam rangka mewujudkan komitmen Telkomsel dalam memperkuat ekosistem dan industri gaming serta e-sports di Indonesia, imbuh dia, pihaknya menciptakan suatu wadah atau platform yang disebut Dunia Games sejak 2017.

Lewat platform tersebut, dia mengeklaim terus menghadirkan ajang-ajang kompetisi yang bisa diikuti talenta Tanah Air. Salah satunya yang terbaru adalah event Dunia Games Con (DG Con) 2022, yang berlangsung 28-30 Oktober 2022 di Basket Hall Senayan, Jakarta.

"Kita akan terus melihat bagaimana antusiasme dari game industri itu sendiri. Dari dua tahun belakangan kita melihat antusiasmenya bertambah," tutur Saki.

Sementara itu, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana menambahkan, pelanggan Telkomsel yang bermain gim setiap bulannya ada kurang lebih 70 juta orang.

Ajang DG Con ini, lanjut dia, salah satu tujuannya adalah agar talenta muda Indonesia dapat berkontribusi positif terhadap perkembangan industri gaming di Tanah Air.

"Kegiatan ini merupakan gabungan dari kesuksesan dua kegiatan sebelumnya, yakni DG Fest dan DG Award yang pada penghujung tahun lalu mencapai 1,7 juta visitor di metaverse serta turnamen tahunan Dunia Games League, dengan 10 juta penonton di tahun sebelumnya," terang Nirwan.

Sebagai tambahan, DG Con 2022 digelar dengan konsep hybrid event. Pengunjung dapat menikmati keseruan rangkaian DG Con 2022 melalui platform DG Verse yang mengusung teknologi virtual world dengan 3D metaverse untuk menikmati berbagai keseruan di tiap zona virtual yang tersedia.

Para pengunjung juga dapat menikmati Games Exhibition Area yang menampilkan showcase produk dari sejumlah publisher gaming, e-sports team, hiburan mini games, hingga penyedia konsol/perangkat gaming.

DG Con 2022 juga menghadirkan sejumlah rangkaian kegiatan seperti event seminar interaktif dari berbagai profesional di ekosistem games dan e-sports (DG Fest), malam penghargaan bagi para insan gaming (DG Awards), hingga turnamen games Free Fire melalui Dunia Games League (DGL) 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper