Microsoft Designer Resmi Meluncur, Bakal Saingi Canva?

Rahmi Yati
Jumat, 14 Oktober 2022 | 17:37 WIB
Logo Microsoft Designer/Istimewa
Logo Microsoft Designer/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Microsoft resmi menghadirkan aplikasi desain baru bernama Designer. Aplikasi desain grafis di Microsoft 365 ini ditujukan untuk menunjang kebutuhan desain grafis untuk keperluan postingan media sosial, undangan, kartu pos digital, hingga grafik, layaknya aplikasi Canva.

Dikutip dari laman resmi Microsoft, Jumat (14/10/2022), pengguna bisa membuat berbagai macam desain secara manual atau memanfaatkan template yang disediakan Designer.

"Microsoft Designer didukung oleh teknologi AI, termasuk DALL∙E 2 oleh OpenAI, yang berarti Anda dapat langsung menghasilkan berbagai desain dengan sangat mudah," demikian tulis Microsoft.

Dikatakan bahwa Designer bukan sekadar aplikasi desain grafis karena aplikasi ini didukung oleh kecerdasan buatan (AI) dan OpenAI DALL-E 2 yang memungkinkan pengguna membuat desain khusus menggunakan teks atau gambar.

Berkat dukungan tersebut, Designer juga bisa digunakan di PowerPoint Designer untuk membantu pengguna membuat desain presentasi yang menarik.

"Bergantung pada jenis konten, Designer di PowerPoint akan menawarkan beberapa opsi untuk Anda pilih," tambah perusahaan.

Adapun aplikasi ini sudah tersedia untuk dijajal secara gratis meskipun baru dalam tampilan pratinjau web. Ke depannya, aplikasi Designer akan tersedia secara gratis maupun berbayar untuk pengguna yang ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

"Anda dapat mendaftar untuk akses awal ke pratinjau web gratis aplikasi Designer kami. Kami mengundang orang untuk mencobanya, memberi kami umpan balik, dan membantu kami menjadikannya hebat," imbuh Microsoft.

Sebagai tambahan, selain Designer, Microsoft juga menghadirkan Create, dan Image Creator. Create adalah situs untuk mengakomodasi pengguna Designer serta pengguna umum lainnya agar bisa membuat berbagai jenis konten seperti dokumen, video, materi presentasi dan lainnya.

Situs Create mirip dengan Canva versi web yang memungkinkan pengguna membuat beragam dokumen seperti CV. Tak ketinggalan, Microsoft Create juga dilengkapi dengan beragam template dokumen untuk mempermudah pengguna membuat dokumen yang menarik.

Selanjutnya, Image Creator adalah alat desain yang dibangun di atas mesin pencarian Bing. Microsoft turut menyematkan dukungan AI untuk alat ini seperti AI pada aplikasi Designer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper