Sejarah 14 Oktober, Siaran Televisi Pertama dari Luar Angkasa

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 14 Oktober 2022 | 08:06 WIB
Siaran televisi pertama dari luar angkasa
Siaran televisi pertama dari luar angkasa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 14 Oktober 1968 merupakan hari bersejarah dimana siaran televisi pertama dari angkasa disampaikan dari pesawat berawak Apollo 7.

Semua mata tertuju pada tim Apollo 7, kru Amerika pertama yang mencoba pergi ke luar angkasa setelah tragedi pra-peluncuran Apollo 1 1967 yang merenggut nyawa Gus Grissom, Ed White dan Roger B. Chaffee 21 bulan sebelumnya ketika pesawat itu diluncurkan pada 11 Oktober 1968.

Tiga hari kemudian, penonton televisi melihat komandan misi Walter Schirra memegang tanda yang berbunyi: "Simpan Kartu dan Surat Itu Tetap Masuk Kepada Rakyat," dan rekan krunya, Donn Eisele (kiri) dan Walter Cunningham (tidak digambarkan), mengambang di luar angkasa.

Sedikit yang tahu bahwa siaran awal telah ditunda setelah Schirra dan kru, sakit pilek dan jengkel dengan beberapa aspek misi, menolak untuk "membalik saklar" ketika diberitahu. Itu akan dilakukan demi kenyamanan kru, dan bukan sebelumnya.

Semua total ada enam siaran selama 11 hari misi Apollo 7, yang memungkinkan pemirsa untuk melihat astronot mengapung di pesawat ruang angkasa dan makan makanan panas pertama di luar angkasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper