Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sudah Layani 1000 Perusahaan, Startup Aiven Siap Kembangkan Bisnis di Indonesia

Membantu perusahaan mengelola data, startup teknologi Aiven membuka perusahaannya di Indonesia.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 14 Oktober 2022  |  11:24 WIB
Sudah Layani 1000 Perusahaan, Startup Aiven Siap Kembangkan Bisnis di Indonesia
Startup teknologi Aiven buka perusahaannya di Indonesia - aiven
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Data memainkan peranan penting bagi perusahaan, terkhusus saat ini di era digitalisasi.

IDC memperkirakan bahwa ekonomi digital Indonesia akan meningkat dua kali lipat menjadi US$146 miliar pada tahun 2025.

"Di era digital ini ada trend besar perusahaan memanfaatkan data di core mereka dan dalam pengambilan keputusan. Mereka yang sukses di ekosistem digital saat ini adalah perusahaan yang mampu memanfaatkan data untuk membuat keputusan dengan lebih cepat,” kata Heikki Nousiainen, CTO dan Co-founders Aiven, di Jakarta baru-baru ini.

Didirikan sejak 2016, Aiven adalah startup teknologi dari Helsinki yang kini berbisnis di Indonesia. Aiven merupakan software as a service provider atau provider untuk teknologi open source data management.

Perusahaan startup ini memberdayakan para developer mengembangkan aplikasi berbasis infrastruktur open source.

Di samping itu, Aiven juga bisa membantu pelanggan yang beroperasi dengan lebih dari satu provider cloud.

"Provider itu di satu sisi adalah pesaing, tapi kami juga partner. Dalam banyak contoh kasus kami bekerjasama dengan Google atau AWS untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang spesifik," ucap Heikki Nousiainen.

Aiven sudah bekerjasama dengan lebih dari 1000 perusahaan dari berbagai negara dan sektor. Di Indonesia, Aiven sudah bekerjasama antara lain dengan perusahaan logistik Swift Solutions dan layanan video streaming Vidio.

Swift Solutions yang didirikan pada 2020 dan baru-baru ini diakuisisi oleh Tokopedia adalah perusahaan logistik.

Perusahaan yang berbasis di Jakarta ini menawarkan layanan delivery dan order fulfillment. Dengan full managed service dari Aiven, Swift bisa mengatasi masalah kekurangan tenaga kerja dan memenuhi permintaan pelanggan. Mereka juga mencapai TCO yang lebih rendah dengan reliability dan stability yang meningkat.

Sementara Vidio adalah layanan video streaming dengan lebih dari 60 juta pengguna aktif bulanan yang mengonsumsi 82 livestream dan lebih dari satu juta judul video-on-demand.

Mereka menawarkan beragam konten, dari hiburan lokal dan internasional, live sport, video-on-demand, dan channel TV berbayar.

Untuk itu Vidio perlu memastikan streaming berlatensi rendah. Dengan Aiven, Vidio sekarang bisa mengembangkan database mereka untuk mengakomodasi volume pengguna yang fluktuatif. Hasilnya, customer experience dan tingkat kenyamanan pengguna terus meningkat.

Di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia, Aiven sudah mempekerjakan 60 orang.

"Dan kawasan ini benar-benar menjadi focus area kami, karena kami melihat potensi yang sangat besar untuk tidak hanya membantu bisnis lokal tapi untuk ruang untuk tumbuh," kata Heikki Nousiainen.

Baru-baru ini Aiven menambahkan ClickHouse dalam portofolionya, yang memperluas jangkauan perusahaan ini ke market cloud data warehousing.

Berbasis open source ClickHouse, Aiven for ClickHouse® adalah cloud data warehouse yang sepenuhnya terkelola dan menyajikan laporan data analitik secara real-time menggunakan query SQL.

Lebih jauh, Aiven baru-baru ini juga resmi mengakuisisi Kafkawize, sebuah tool untuk pengelolaan data open source di Apache Kafka®. Sebagai bagian dari transisi ini, Kafkawize berganti nama menjadi Klaw.

"Klaw akan membuat developer lebih mudah dalam menggunakan Apache Kafka data governance. Dengan data governance yang tepat, pengguna bisa mengambil keputusan yang lebih baik, lebih patuh pada berbagai regulasi dan audit, serta meningkatkan efisiensi," pungkas Heikki Nousiainen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp start up data center cloud
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top