Glints Raih Pendanaan Baru Rp741 miliar, Siap Ekspansi Global

Khadijah Shahnaz
Rabu, 31 Agustus 2022 | 12:58 WIB
Ilustrasi aktivitas startup Glints. - Dok. Glints
Ilustrasi aktivitas startup Glints. - Dok. Glints
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Glints, ekosistem talenta end-to-end rekrutmen di Asia Tenggara, meraih pendanaan senilai US$50 juta atau setara Rp741 miliar dalam putaran oversubscribed Seri D yang dipimpin oleh DCM Ventures, Lavender Hill Capital. Investor sebelumnya, PERSOL Holdings juga turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini.

CEO dan Cofounder Glints Oswald Yeo mengatakan pendanaan tersebut akan digunakan untuk memperluas basis layanan talentanya ke Filipina. Glints juga berencana memperluas basis permintaan pemberi kerja secara global, juga mengembangkan layanan serta tim engineering, dengan fokus pada perluasan peluang dan sumber daya untuk mendukung pertumbuhan profesional bagi talenta.

Dia menambahkan Glints mempunyai misi untuk memberdayakan 120 juta profesional muda di Asia Tenggara dalam mewujudkan potensi mereka.

Glints pun mengklaim pendapatan tahunan dan laba kotor mereka tumbuh 2,5 kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Hal ini melanjutkan tren pendapatan tahunan yang tumbuh dengan persentase tiga digit berkat dukungan pertumbuhan ekosistemnya termasuk segmen recruitment, managed talent, JobSearch, ExpertClass dan community.

Layanan rekrutmen kerja remote lintas negara Glints juga terus meningkat dua kali lipat, seiring beralihnya pengusaha ke pola pikir tanpa batas dan semakin besarnya minat pengusaha secara global untuk merekrut karyawan berbakat di Asia Tenggara.

“Faktanya, peluang kerja secara remote di platform Glints juga telah meningkat lebih dari 10 kali lipat dari tahun ke tahun,” klaimnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/8/2022)

Di antaranya, pemberi kerja mencari talenta di luar negara mereka atau peluang kerja cross-border juga meningkat lebih dari 3x dari tahun ke tahun.

Glints juga melihat margin kontribusi positif di semua unit bisnis, dengan pasar Indonesia dan Vietnam yang terus menguntungkan.

Dengan pendekatan yang mengutamakan talenta, ekosistem talenta regional Glints telah berkembang menjadi lebih dari tiga juta profesional di lima pasar (Indonesia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Taiwan). Glints dipercaya oleh lebih dari 50.000 startup global dan regional, serta perusahaan termasuk GetGo, Boxed, AIA, KKday, dan Garena.

Di Indonesia sendiri, klien Glints bertumbuh sebesar empat kali lipat dari tahun sebelumnya dan mencetak pertumbuhan daftar layanan rekrutmen aktif sebanyak lebih dari dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Glints telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia, seperti IKEA, Kawan Lama Group, BCA Digital, Anteraja dan lainnya. Talent pool Glints di Indonesia juga meningkat sebanyak 70 persen atau sebesar 2,3 juta talenta.

Selain itu, tim lapangan Glints dan model bisnis yang didukung teknologi telah membantu pemberi kerja merekrut dan mengelola talenta di mana pun di Asia Tenggara, sehingga memungkinkan efisiensi dua kali lebih tinggi (berdasarkan rasio pemenuhan) dalam merekrut talenta yang tepat untuk pemberi kerja dan setidaknya 40 persen lebih hemat biaya daripada perekrut dengan cara tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper