Kembangkan Teknologi Baru PLTS, SUNterra Gandeng Sungrow

Fahmi Ahmad Burhan
Selasa, 30 Agustus 2022 | 23:05 WIB
PLTS atap terpasang di sebuah gedung di Denpasar, Bali./Bisnis-Feri Kristianto
PLTS atap terpasang di sebuah gedung di Denpasar, Bali./Bisnis-Feri Kristianto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — SUNterra yang merupakan bagian dari Grup SUN telah menjalani kemitraan strategis dengan Sungrow melalui Utomo SolaRUV Partner. Kerja sama ini dilakukan sejalan dengan visi perusahaan untuk membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat dalam menerapkan eco lifestyle. 

Lewat kerja samanya dengan Sungrow melalui Utomo SolaRUV, SUNterra saat ini menjadi pengguna pertama inverter seri premium terbaru dari Sungrow SG125CX-P2 di Indonesia. Teknologi ini dirancang untuk pengaplikasian sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap pada segmen komersial industrial.

Teknologi ini diklaim mampu menghadirkan hasil daya yang lebih tinggi, peningkatan keamanan, dan penggunaan yang lebih fleksibel. SG125CX-P2 memiliki teknologi Power Max canggih serta fitur untuk melacak titik daya tertinggi secara akurat. Melalui fitur ini, SG125CX-P2 mampu memastikan sistem PV bekerja pada keadaan pembangkit listrik yang optimal secara konstan.

CEO SUNterra Fanda Soesilo mengatakan bahwa dengan kerja sama tersebut, SUNterra dapat menyediakan layanan terintegrasi yang tepat guna melalui penggunaan teknologi yang reliabel bagi calon pelanggan.

“Kami juga melihat Sungrow merupakan produsen kelas dunia yang bankability serta dukungan layanan after sales service lokal yang mumpuni, sehingga kerja sama strategis ini mampu memberikan kepastian kepada para pelanggan SUNterra dalam penyediaan kepastian teknologi terbaik, ketahanan cuaca dan pelayanan oleh SUNterra dalam melayani masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam siaran resmi yang dikutip, Selasa (30/08).

Menurutnya, dalam setiap proyeknya, SUNterra terus mengadaptasi sistem dan teknologi terbaru. Tidak hanya melalui produk panel ataupun inverter, SUNterra memiliki layanan berbasis aplikasi mobile agar pelanggan dapat melakukan pemantauan kinerja PLTS real-time dan dapat menghitung keuntungan penggunaan PLTS melalui Solar Calculator.

Fanda juga mengatakan bahwa kerja sama tersebut juga sejalan dengan visi untuk memberi teknologi terbaik ke masyarakat dan pengguna PLTS di Indonesia. 

Utomo SolaRUV sendiri merupakan distributor resmi dan pusat servis Sungrow di Indonesia. Anhony Utomo, Managing Director Utomo SolaRUV yang juga anggota B20 Indonesia Energy, Sustainability and Climate Task Force mengatakan bahwa perusahaan berkomitmen mendukung pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), khususnya PLTS, baik di rooftop bangunan, lokasi perairan (floating PV), maupun lokasi bekas lahan tambang.

Produk Utomo SolaRUV juga turut berkontribusi pada proyek EBT perusahaan nasional maupun showcase G20 di Bali, khususnya di PLTS Terapung Muara Tukad dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produksi Indonesia.

“Pada 2021, Indonesia membangun pembangkit tenaga surya dengan kapasitas sekitar 200 MW. Sebanyak 90 MW di antara proyek ini memakai inverter Sungrow. Kami siap menghadirkan teknologi PLTS terbaik berkualitas internasional,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, energi listrik yang dikonversi menggunakan inverter dari Sungrow mampu menghasilkan efisiensi hingga 99 persen. Selain itu, listrik tahan terhadap suhu ekstrem dan telah diakreditasi di level internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper