Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gandeng Tencent, Helios Tawarkan Layanan Cloud yang Stabil dan Aman

Kerja sama keduanya juga bertujuan membantu bisnis dalam mengatasi tantangan pengembangan layanan cloud di Indonesia.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 29 Agustus 2022  |  13:07 WIB
Gandeng Tencent, Helios Tawarkan Layanan Cloud yang Stabil dan Aman
Komputasi awan - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Helios Informatika Nusantara (Helios), anak perusahaan CTI Group mengumumkan kemitraan strategisnya dengan Tencent Cloud untuk menyediakan penawaran cloud yang stabil dan aman bagi berbagai industri.

Presiden Direktur Helios Royani Lo mengatakan kerja sama keduanya juga bertujuan membantu bisnis dalam mengatasi tantangan perjalanan cloud di Indonesia.

"Kerja sama ini merupakan salah satu langkah Helios mengoptimalkan perjalanan digital Indonesia, melihat peningkatan adopsi cloud yang signifikan baik di bisnis skala enterprise maupun UMKM, yang makin dipercepat akibat pandemi Covid-19," katanya, Senin (29/8/2022).

Menurutnya, meski penggunaan teknologi cloud sudah makin lazim, perusahaan-perusahaan di Tanah Air masih menghadapi berbagai hambatan dalam melakukan transformasi digital. Adapun berdasarkan survei PricewaterhouseCoopers atau PwC bertajuk “The Impact of Cloud Computing on the Indonesian Economy” pada 2021 lalu, beberapa tantangan yang dihadapi bisnis skala enterprise di Indonesia adalah keterbatasan keahlian SDM (70%), biaya implementasi (60%), kebutuhan dan regulasi terkait data center lokal (50%) serta kebutuhan untuk cloud yang aman, mudah dikelola dan andal (reliability) (40%).

Sedangkan tantangan yang dialami bisnis UMKM, sambung Lo, cenderung mengarah pada kebutuhan cloud yang mudah digunakan (usability), biaya yang efisien, konektivitas, dan dukungan (support). "Seiring dengan makin banyaknya perusahaan di Indonesia yang meyakini pentingnya digitalisasi, permintaan teknologi cloud dari semua industri dan bidang telah meningkat," ucapnya.

Lewat kemitraan dengan Tencent, Lo mengklaim layanannya dapat memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalah adopsi cloud yang dialami pelaku bisnis di Indonesia, seperti infrastruktur cloud yang tidak sesuai dengan kemampuan internal perusahaan atau regulasi eksternal.

Sementara itu Regional Director for Southeast Asia and General Manager of Singapore, Malaysia, and Indonesia, Tencent Cloud International Kenneth Siow menambahkan, pihaknya siap menyediakan layanan cloud yang berkinerja tinggi, easy-to-maintain, cerdas, dan fleksibel bagi perusahaan-perusahaan Indonesia.

Melalui kolaborasi dengan Helios, lanjut dia, diharapkan dapat lebih mempercepat perjalanan transformasi digital di berbagai industri Tanah Air. "Melalui Helios, Tencent Cloud menawarkan solusi cloud end-to-end untuk mendukung perkembangan digital di Indonesia, khususnya di sektor retail, media, dan perbankan," tuturnya.

Adapun dia memerinci, Tencent Cloud akan memberikan solusi seperti TDSQL yang dapat membantu pelaku industri perbankan seperti Bank Neo Commerce, memproses jutaan transaksi dengan cepat dan aman. Tencent Cloud juga memiliki dua internet data center di Indonesia yang telah memperoleh sertifikasi yang membuktikan standar keselamatan dan keamanan tingkat tinggi, seperti Uptime Institute Tier III - Design Facility, PCI DSS, ISO 27001, ISO 14001 dan SNI.

Selain itu, Tencent Cloud juga menyediakan solusi “China Connect” untuk membantu perusahaan Indonesia yang ingin memperluas bisnis ke Tiongkok dengan menyediakan rangkaian layanan yang komprehensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cloud computing cloud indonesia cloud implementasi cloud tencent tencent holdings ltd
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top