Ini 4 Inovasi yang Bikin Samsung Galaxy Z Series Pimpin Pasar Ponsel Lipat Indonesia

Rahmi Yati
Sabtu, 27 Agustus 2022 | 09:24 WIB
Samsung Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Fold 3/Top2gadget.com
Samsung Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Fold 3/Top2gadget.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Samsung sebagai pionir sekaligus pemimpin pasar ponsel lipat berperan besar dalam mentransformasi perangkat layar lipat, salah satunya lewat Galaxy Z Series yang diluncurkan sejak 2019.

Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia Lo Khing Seng mengatakan perangkat ponsel lipat kini makin diminati. IDC mencatat bahwa pengapalan smartphone ponsel lipat mencapai 7,1 juta unit pada 2021, meningkat drastis sebesar 264,3 persen dibanding 2020 yang hanya 1,9 juta unit.

"Hal ini tidak terlepas dari teknologi perangkat ponsel lipat yang semakin canggih dan memberi kenyamanan lebih bagi pengguna," katanya dikutip Sabtu (27/8/2022).

Dia menyebut, sejak pertama kali meluncurkan Galaxy Z Series pada 2019 hingga kini hadir dengan Galaxy Z Flip4 5G dan Z Fold4 5G, Samsung telah membenamkan peningkatan signifikan di tiap aspek perangkat, mulai dari layar dan badan perangkat yang makin kuat, baterai yang makin awet, hingga kamera dengan hasil gambar yang makin jernih.

Adapun Lo Khing Seng memerinci, setidaknya ada 4 kunci inovasi yang memperkuat kepemimpinan Samsung terhadap inovasi dan pengembangan smartphone foldable yang bisa ditemukan di Galaxy Z Series terutama Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G, di antaranya:

1.Inovasi durability yang jadikan Galaxy Z Fold4 dan Flip4 5G Lebih Kokoh

Samsung menjamin bahwa Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G didesain dengan ketahanan tak tertandingi, jadi pengguna tak perlu ragu memakainya secara aktif dalam menunjang kesehariannya.

Salah satu kuncinya terletak dari layar yang menggunakan Ultra Thin Glass yang dirancang dengan riset mendalam, teknologi terkini, serta proses dan uji coba yang ketat untuk menghadirkan perangkat foldable terbaik di industri.

Tak hanya fleksibel, Ultra Thin Glass juga sangat tangguh. Lewat rangkaian tes yang ketat, termasuk uji tekukan dengan tingkat lengkungan yang ekstrem, layar Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G mampu tahan dilipat lebih dari 200.000 kali.

2.Fitur kamera terbarukan

Lo Khing Seng menjelaskan bahwa Samsung memahami pelanggan begitu menggemari desain clamshell yang compact dan iconic pada seri Galaxy Z Flip.

Maka dari itu, lewat desain Galaxy Z Flip4 5G, pengguna bisa membuat konten multi-angle yang unik menggunakan FlexCam yang inovatif maupun Cover Screen yang terintegrasi dengan Flex Mode.

Kualitasnya pun terjamin berkat teknologi terkini yang ditanamkan pada Ultra Wide Camera 12MP dan Wide Camera 12MP di bagian Cover Screen serta Selfie Camera 10MP.

Samsung turut meningkatkan teknologi kamera secara signifikan di Galaxy Z Flip4 5G berkat kehadiran sensor kamera flagship yang didukung performa pemrosesan gambar terbarukan dari Snapdragon 8+ Gen 1, prosesor terdepan di industri saat ini.

3.Desain lebih ramping dan layar lebih lebar

Galaxy Z Fold4 5G hadir sebagai Galaxy Z Fold paling ramping dan paling ringan sejauh ini berkat sistem engsel dan struktur lapisan layar terbaru yang lebih ringkas yang berkontribusi terhadap penurunan berat perangkat hingga 8 gram.

Tidak hanya itu, Galaxy Z Fold4 5G juga hadir dengan bezel yang lebih tipis serta layar depan dengan ukuran 3mm lebih lapang.

Cover Screen Galaxy Z Flip4 5G juga 2,7 mm lebih lebar.

4.Galaxy for the Planet untuk dunia yang lebih berkelanjutan

Melalui inisiatif Galaxy for the Planet, Samsung berkomitmen menjalankan proses manufaktur yang lebih berkelanjutan dalam memproduksi setiap perangkat buatannya. Komitmen tersebut pun diperkuat melalui kehadiran Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G.

Seri Galaxy Z terbaru menggunakan ocean-bound plastics seperti sisa jaring ikan pada berbagai komponen inti perangkat karena Samsung ingin berkontribusi nyata dalam mengurangi polusi dan dampak buruk terhadap ekosistem bawah laut.

Selain itu, kemasan Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G juga dibuat dari 100 persen kertas daur ulang, sama halnya dengan Galaxy S22 Series. Hal ini memungkinkan Samsung untuk menghindari penggunaan sekitar 51.000 pohon di tahun ini.

Samsung memperkirakan, pada akhir 2022 mendatang, upaya ini mampu mengurangi sekitar 10.000 ton emisi karbon yang dapat dihasilkan dari pengapalan barang.

Untuk diketahui, Samsung mencatat bahwa Indonesia merupakan satu dari 10 negara teratas dengan penjualan foldable Galaxy terbesar di dunia. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap Galaxy Z Series pun salah satunya dibuktikan saat pre-order untuk Galaxy Z Fold3 5G dan Z Flip3 5G yang mencapai delapan kali lipat dari total pre-order pada foldable series sebelumnya.

Saat ini, Galaxy Z Flip4 5G hadir dengan fitur yang lebih memukau dan harga yang lebih terjangkau, yaitu mulai dari Rp13.999.000, turun dari harga peluncuran Galaxy Z Flip3 5G sebesar Rp14.999.000.

Sedangkan untuk Galaxy Z Fold4 5G hadir dengan peningkatan performa tanpa peningkatan harga, yakni dibanderol sama dengan Galaxy Z Fold3 5G saat diluncurkan, yaitu mulai dari Rp24.999.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper