Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Samsung Galaxy Z Flip 4 vs Galaxy Z Flip 3, Mana yang Lebih Bagus?

Kehadiran Samsung Z Flip 4 ini lantas menarik perhatian banyak kalangan. Cek perbandingan Galaxy Z Flip 4 dan Flip 3.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 11 Agustus 2022  |  19:30 WIB
Samsung Galaxy Z Flip 4 vs Galaxy Z Flip 3, Mana yang Lebih Bagus?
Samsung Galaxy Z Flip 4 resmi beredar di pasar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Samsung secara resmi merilis varian ponsel Galaxy Flip terbarunya yakni Samsung Galaxy z Flip 4. Jika dibanding dengan pendahulunya yakni Samsung z Flip 3, mana yang lebih unggul?

Melalui laman resminya di Samsung.com, pre-order Samsung Z Flip 4 sudah bisa dilakukan sejak Rabu (10/8/2022). Ponsel ini akan hadir dalam 3 pilihan RoM yang berbeda, diantaranya:

- 8GB + 128 GB: Rp13.999.000

- 8GB + 256GB: Rp14.999.000

- 8GB+512GB: Rp16.999.000

Kehadiran Samsung Z Flip 4 ini lantas menarik perhatian banyak kalangan. Banyak yang mencari tahu apa kiranya pembeda antara Samsung Z Flip 4 dengan varian Samsung Flip pendahulunya yakni Samsung Galaxy Z Flip 3.

Boleh dikatakan secara tampilan dan beberapa fitur Galaxy Z Flip 4 tampak memiliki DNA yang serupa dengan Galaxy Z Flip 3. Sehingga, agak sedikit sulit kiranya untuk membuat para pengguna Z Flip 3 untuk melakukan upgrade terhadap ponselnya. 

Berikut perbandingan antara Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Samsung Galaxy Z Flip 3:

Samsung Galaxy Z Flip 4 vs Galaxy Z Flip 3: Spesifikasi

Dari tampilan luar Samsung Galaxy Z Flip 4 dilengkapi layar AMOLED yang sama yakni AMOLED 1,9 inci (260 x 512).

Tak hanya tampilan luar yang memiliki kesamaan persis, mulai dari layar dalam, kamera luar, hingga kamera bagian dalam juga masih dalam taraf spesifikasi yang sama. 

Jika Anda mencari dimana letak perbedaanya, yang menjadi pembeda utama hanyalah terletak pada chipset yang digunakan. Samsung Galaxy Flip 3 menggunakan chipset Snapdragon 888 sementara Samsung Galaxy Flip 4 menggunakan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Selanjutnya, jika Anda merupakan pengguna ponsel dengan mobilitas yang tinggi mungkin ini merupakan kabar yang sangat ditunggu-tunggu, lantaran Samsung Galaxy Z Flip 4 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 3.700 mAh.

Artinya terdapat peningkatan kapasitas baterai sebesar 3000 mAh jika dibanding dengan Samsung Galaxy Flip 3. Selain itu, Samsung Galaxy Z Flip 4 juga sudah mendukung pengisian daya sebesar 25 Watt.

Samsung Galaxy Z Flip 4 vs. Galaxy Z Flip 3: Desain

Dibanding dengan Samsung Galaxy Z Flip 3, generasi terbaru Samsung  Z Flip ke- 4 ini memiliki sedikit peningkatan secara desain.  Kamera pada Z Flip 4 tampak lebih menonjol dari bodi ponsel, dan juga menggunakan desain bingkai yang lebih datar sehingga menjadikannya memiliki tampilan yang lebih modern. 

Tak hanya itu, Samsung Z Flip 4 juga telah mengupgrade panel Gorilla Glass Victus Z Flip 3 dengan Gorilla Glass Victus Plus, yang seharusnya membuatnya lebih tahan gores dan retak. Kedua ponsel menggunakan bingkai Armor Aluminium dan diberi peringkat IPX8 untuk ketahanan air.

Sementara dari segi pilihan warna, Samsung juga menawarkan warna yang sedikit berbeda pada Z Flip 3 dan Z Flip 4. Z Flip 3 hadir dalam warna Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black, sedangkan opsi untuk Z Flip 4 adalah Bora Purple, Graphite, Pink Gold dan Blue. 

Samsung Galaxy Z Flip 4 vs. Galaxy Z Flip 3: kinerja

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Samsung kembali melakukan update untuk chipset Snapdragon 888 yang sudah kuat di Galaxy Z Flip 3 dengan chip Snapdragon 8 Plus Gen 1 terbaru di Galaxy Z Flip 4. 

Jika Anda mengharapkan kehadiran RAM yang lebih besar, Anda perlu menurunkan ekspektasi dan harapan Anda. lantaran, Samsung Galaxy Z Flip 4 hanya dilengkapi dengan kapasitas RAM rata-rata 8GB. Namun Anda tak perlu khawatir, karena Z Flip 4 dijamin akan cenderung lebih cepat dan lebih responsif saat menggunakan beberapa aplikasi intensif prosesor. 

Keunggulan kinerja Galaxy Z Flip 4 lainnya adalah plafon penyimpanannya yang lebih tinggi. Baik Z Flip 4 dan Galaxy Z Flip 3 menawarkan model dasar 128GB dan model 256GB, tetapi sekarang ada kapasitas 512GB yang ditawarkan untuk Z Flip 4 jika Anda menginginkan semua ruang yang bisa Anda dapatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

samsung samsung galaxy handphone handphone samsung
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top